Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Pizza yang Dimasak Pakai Oven Khusus Pizza Lebih Enak?

Kompas.com - 03/08/2023, 18:28 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pizza dimasak dengan metode bakar. Hasilnya, warna pizza akan kuning kecoklatan saat matang dengan bagian pinggir menghitam.

Jenis oven yang digunakan khusus untuk pizza. Suhu panas dari bakaran kayu langsung terkena adonan roti begitu dimasukkan ke dalam oven.

Namun, saat ini banyak orang menggunakan oven gas hingga teflon untuk memasak pizza.

Menurut Riswan Pramudia, Executive Chef Favehotel Pamanukan, hal tersebut boleh saja dilakukan. Hanya saja, pizza yang dihasilkan tidak bisa sama persis.

"Kenapa harus pakai oven pizza, apalagi pakai kayu bakar buah-buahan, itu biar aroma smokey-nya terasa di pizza," ujar Riswan.

Kayu buah, seperti rambutan dan apel, tidak akan memberikan bau asap ke dalam makanan, melainkan memberikan aroma asap yang harum.

Baca juga:

Pizza bisa memicu hipertensi kambuh karena kudapan ini tinggi natrium dan lemak jenuh.DOK.SHUTTERSTOCK/hgpro Pizza bisa memicu hipertensi kambuh karena kudapan ini tinggi natrium dan lemak jenuh.

Tekstur pizza oven juga dinilai sempurna, dari pinggiran hingga bagian tengahnya yang lembut.

Sebab, Riswan mengatakan, sulit untuk mendapatkan crust pizza bila memasaknya menggunakan teflon.

"Bagian atas pizza, terutama pinggirannya yang menghitam itu tidak pahit, justru membuat piza lebih enak. Susah didapatkan dari teflon," kata Riswan kepada media dalam acara Archipelago Food Festival ke-26 di Favehotel Pamanukan, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (29/7/2023).

Sementara itu, pizza teflon dinilai lebih praktis karena ramah dapur rumahan dan tidak membutuhkan banyak bahan, seperti kayu bakar.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com