Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cocok Jadi Topping, Benarkah Susu Kental Manis Bukan Susu?

Kompas.com - 20/12/2023, 10:00 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beredar informasi di tengah masyarakat yang menyebutkan bahwa susu kental manis bukan susu. Namun, pernyataan ini kurang tepat, karena susu kental manis sebenarnya adalah produk susu olahan yang aman dikonsumsi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melalui Peraturan Kepala (Perka) Nomor 21 Tahun 2016 menyatakan bahwa susu kental manis adalah produk olahan susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

Aturan yang terbit pada 24 Mei 2016 itu secara gamblang menjelaskan bahwa pernyataan susu kental manis bukan susu adalah hal kurang tepat. Sebab, bahan makanan ini merupakan dalam kategori pangan 01.3.1.

Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Pangan BPOM Tetty Helfery Sihombing menyatakan, susu kental manis merupakan produk susu sehingga tidak masalah jika dikonsumsi siapa pun, termasuk anak-anak.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Natal di Kamar Anak agar Terlihat Cantik dan Ceria

"Itu kan sudah sejak lama kami periksa dan ada aturannya, jadi aman dikonsumsi," ujar Tetty dalam keterangannya, Rabu (18/10/2017).

Dari pernyataan tersebut diketahui bahwa susu aman digunakan asalkan sesuai takaran. Apalagi jika diimbangi dengan menerapkan gaya hidup sehat, produk susu olahan ini bisa menjadi asupan energi harian.

BPOM mencatat kebutuhan kalori untuk orang dewasa rata-rata mencapai sekitar 2.150 kkal setiap hari. Kalori berperan penting dalam menjaga kinerja sistem tubuh saat beraktivitas sepanjang hari.

Susu kental manis mengandung energi sebanyak 130 kilo kalori (kkal) per sasetnya dan memiliki berbagai vitamin dan mineral.

Baca juga: Bisa Atasi Kecemasan, Ini Efek Samping Konsumsi Vitamin B Kompleks

Konsumsi susu kental manis yang sesuai dengan kebutuhan tubuh bisa menjadi pendukung kebutuhan gizi keluarga. Hal ini semakin membantah asumsi susu kental manis bukan susu merupakan anggapan yang kurang tepat.

Menu sarapan dengan susu kental manis

Karena asumsi susu kental manis bukan susu merupakan hal kurang tepat dan produk ini bisa dikonsumsi dengan berbagai resep sarapan praktis, berikut rekomendasi empat resepnya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Strawberry buttermilk oats

Strawberry buttermilk oats. 
DOK. Recipes.net Strawberry buttermilk oats.

Strawberry buttermilk oats bakal menjadi menu sarapan praktis untuk menyambut pagi hari Anda yang sibuk. Anda bisa membuat oat buttermilk dari malam sebelumnya dan taburi dengan stroberi dan susu kental manis keesokan harinya.

Baca juga: Resep Japanese Fluffy Pancake, Sajikan dengan Buah Stroberi

Bahan-bahan

  • ½ oat
  • ½ cangkir buttermilk
  • ½ sdt vanila, atau ekstrak almond
  • ½ cangkir yoghurt polos
  • ½ cangkir stroberi yang sudah diiris
  • 1 sdm almond panggang opsional
  • Susu kental manis

Cara membuat

1. Siapkan mangkuk kecil, campurkan oat, buttermilk, dan ekstrak vanila.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com