Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Beri Sarapan Gratis buat Mahasiswa yang Ikut Ujian Semester

Kompas.com - 06/12/2023, 09:04 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Gadjah Masa (UGM) yang tengah menjalani ujian semester, kini bisa mendapatkan sarapan gratis.

Sarapan gratis ini diberikan oleh UGM guna mendukung mahasiswa.

Penyediaan sarapan gratis ini telah dilakukan sejumlah fakultas, seperti Fakultas Biologi, Fisipol, Fakultas Pertanian, dan fakultas lainnya dalam beberapa waktu terakhir.

Baca juga: Kisah Siswa Papua Raih Beasiswa ke UGM, Ingin Bangun Tanah Kelahiran

Fasilitas sarapan gratis ini diberikan untuk mendukung kesehatan khususnya pemenuhan gizi mahasiswa saat melaksanakan ujian.

Hal ini sebagai bagian dari upaya yang dilakukan pihak kampus dalam mewujudkan kampus yang sehat bagi mahasiswanya.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Adrianto Dwi Nugroho menyebutkan program sarapan gratis bagi mahasiswa yang mengikuti ujian semester dimaksudkan untuk memberikan tambahan energi bagi mahasiswa.

Dengan ketersediaan gizi yang baik bagi mahasiswa selama ujian diharapkan dapat mencegah mahasiswa jatuh sakit akibat kesibukan dalam menyiapkan diri menjelang ujian.

Baca juga: 11 Jurusan Kedokteran Termurah Jalur SNBP untuk Daftar pada 2024

Program ini juga sejalan dengan pencanangan UGM sebagai Health Promoting University.

"Harapannya, mahasiswa dapat mengikuti ujian akhir dengan baik dan prestasi akademik dapat meningkat," kata dia dilansir dari laman UGM.

Ada 100-10.000 porsi sarapan

Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof. Dr. Budi S. Daryono mengungkapkan sejak tahun 2022, pihaknya telah menyediakan sarapan gratis bagi mahasiswa yang tengah menjalani ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).

Program yang dinamai SAPA PAGI (Sarapan Pagi) untuk ini menyediakan 200 porsi sarapan setiap harinya dengan menu yang beragam.

Mahasiswa bisa mendapatkan sarapan gratis selama periode ujian termasuk seperti UAS saat ini yang berlangsung mulai 4-15 Desember 2023 dengan menunjukkan kartu ujian atau Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

Budi mengungkapkan penyediaan sarapan gratis ini terinspirasi dari pengalamannya saat menjadi mahasiswa S1.

Kala itu, ada temannya yang pingsan saat ujian akhir semester akibat tidak sempat sarapan terlebih dahulu.

"Karenanya kami berinisiatif untuk menyediakan SAPA PAGI bagi seluruh mahasiswa Fakultas Biologi baik Program Sarjana dan Pascasarjana yang sedang mengikuti UTS atau UAS di kampus,” tuturnya.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com