Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Asal-usul Cappuccino, Minuman Kopi untuk Pagi Hari

Kompas.com - 16/10/2023, 13:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Bagi penggemar minuman kopi, mungkin kamu tidak asing dengan menu cappuccino

Minuman kopi yang nikmati disruput saat pagi atau sore hari dengan aneka roti atau jajanan pasar ini, memiliki sejarah panjang yang menarik untuk diulik. 

Dilansir dari beberapa sumber, ada penjelasan menarik mengenai asal-usul cappuccino. Salah satunya, apakah benar berasal dari Italia?

Baca juga:

ilustrasi cappuccino. shutterstock/ALDECA studio ilustrasi cappuccino.

Asal-usul cappuccino?

Dilansir dari laman Britannica, cappuccino berasal dari kedai kopi yang ada di Wina pada abad ke-18. Saat itu, namanya adalah kapuziner, yang terbuat dari kopi dan krim kocok atau gula.

Seiring dengan berjalannya waktu, Cappuccino ditemukan di Italia pertama kali pada abad ke-20, setelah adanya penemuan mesin espresso.

Walau begitu, di masa itu mesin espresso memiliki harga yang cukup mahal dengan penggunaan yang tidak terlalu praktis. Namun, pasca perang dunia kedua, mesin espresso memiliki harga yang lebih murah.

Itulah yang membuat cappuccino semakin populer dan banyak dinikmati oleh sebagian orang Italia untuk sarapan ditemani kue kering.

Secara tradisional, orang Italia enggan menikmati minuman berbahan susu saat sarapan karena bisa menghambat pencernaan makanan.

Cortado mirip dengan cappuccino, hanya saja berukuran lebih kecil.Unsplash/Tyler Nix Cortado mirip dengan cappuccino, hanya saja berukuran lebih kecil.

Ditambahkan dari laman The Spruce Eats, cappuccino di tahun 1700an beranam kapuziner ini juga menggunakan rempah dalam resepnya. Nama tersebut diambil dari sebutan kerudung atau tudung dalam bahasa Italia.

Di Italia, walau banyak yang menikmati espresso, cappuccino, cafe latte di pagi hari. Namun, ada banyak kafe di sana yang menyajikan cappuccino dengan krip kocok dan taburan kayu manis ala gaya Wina.

Di luar negara Italia, cappuccino juga cukup populer di Inggris, dimana kopi dan susu diminum secara bersamaan dalam satu cangkir.

Cappuccino juga berkembang dan menyebar luas ke restoran Italia di Amerika pada tahun 1930, tetapi baru pada tahun 1980an, minuman kopi ini muncul di banyak kedai kopi.

 

 

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com