Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Tres Leches Cake, Dessert Dingin Khas Meksiko

Kompas.com - 28/08/2023, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kamu suka membuat aneka menu masakan penutup atau dessert di rumah? Ada kreasi cake dengan bahan utama dari tiga jenis susu yaitu tres leches cake.

Mungkin kamu asing dengan nama dari dessert tersebut, dilansir dari beberapa sumber. Simak penjelasan seputar apa itu tres leches cake berikut ini.

Baca juga:

Apa itu tres leches cake?

Dilansir dari buku "Tres Leches Cake: Dessert Lezat dengan Bahan Utama 3 Jenis Susu" (2015) Esti Nurtjatrukmi Purtiningrum, Tri Palupi terbitan Gramedia Pustaka Utama, tres leches cake berasal dari Amerika Tengah atau lebih tepatnya Meksiko.

Bahan utama dari kue dingin tersebut yaitu sponge cake yang direndam dalam tiga jenis susu. Ada susu evaporasi, susu kental manis, dan krim kental.

Dessert dengan topping aneka saus atau buah-buahan ini tidak menggunakan mentega dalam pembuatannya. Hal tersebut membuat tekstur dari kue terasa ringan karena memiliki gelembung udara yang banyak.

Selain itu, konsistensi dari sponge cake yang digunakan juga tidak basah.

Bagaimana cara membuat tres leches cake?

Dilansir dari laman Delish, kue ini mungkin terlihat lebih rumit dari dessert lainnya. Namun, cara membuatnya terbilang tidak sulit.

Terutama saat membuat sponge cakenya, kamu hanya perlu fokus pada putih telurnya. Pastikan untuk mengocok dengan baik hingga mengembang kemudian masukkan ke dalam adonan kue agar hasilnya lembut.

Cara penyajian tres leches cake

Tres leches cake biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Setelah menuangkan campuran susu, dinginkan kue setidaknya selama satu jam agar semua susu meresap ke dalam kue.

Kamu bisa menambahkan krim kocok manis, bubuk kayu manis, atau potongan buah stroberi.

Apakah bisa membuat kue ini sehari sebelum dihidangkan?

Tentu saja bisa, kamu bisa membuat kue dingin khas Meksiko ini sehari sebelum dihidangkan. Caranya, simpan dalam wadah kedap udara kemudian masukkan ke dalam lemari es.

Semakin lama bolu didiamkan dengan susu, semakin banyak yang bisa diserap, membuat kue menjadi lebih baik dan lebih baik.

Buku "Tres Leches Cake: Dessert Lezat dengan Bahan Utama 3 Jenis Susu" (2015) Esti Nurtjatrukmi Purtiningrum, Tri Palupi terbitan Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com