Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Saus Cokelat Glossy untuk Puding atau Dessert

Kompas.com - 04/08/2023, 10:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Umumnya, saus cokelat yang enak memiliki tampilan mengilap yang menggugah selera. 

Selain itu, tekstur dari saus cokelat juga harus lembut tidak ada yang menggumpal. Dalam buku "Aneka Resep Favorit SAUS Pendamping Hidangan Istimewa" (2020) oleh Rostiawati Gramedia Pustaka Utama, ada tips membuat saus cokelat mengilap.

Caranya adalah dengan menggunakan cokelat masak hitam yang mengandung sekitar 700 persen biji cokelat bubuk. Selengkapnya, simak resep saus cokelat berikut ini. 

Baca juga:

Resep saus cokelat 

Bahan

  • 125 gram gula 
  • 125 ml air
  • 200 gram cokelat hitam masak
  • 25 gram mentega tawar

Cara membuat saus cokelat

  1. Masukkan gula pasir ke dalam panci susu kecil berdasar tebal, tuang air. Jerang di atas api kecil, masak dan aduk hingga gula pasir larut. 
  2. Biarkan hingga air gula mendidih selama 1 menit. Angkat panci dari atas api dan biarkan dingin selama 1 menit. Cincang cokelat dan masukkan ke dalam sirup. 
  3. Tambahkan mentega dan biarkan hingga cokelat dan mentega leleh, aduk hingga saus lembut dan berkilau. Hidangkan saus yang masih hangat, kecilkan api, aduk hingga leleh. Angkat dan pindahkan ke dalam wadah saus. 

Buku "Aneka Resep Favorit SAUS Pendamping Hidangan Istimewa" (2020) oleh Rostiawati Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com