Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Membuat Saus Cokelat untuk Lapisan Aneka Camilan

Kompas.com - 03/02/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang hari Valentine, mungkin kamu ingin membuat olahan cokelat ala rumahan untuk dijadikan bingkisan atau hadiah orang terkasih. Jika, kamu ingin membuat saus cokelat sebagai pelapis aneka makanan terutama marshmallow

Ada cara membuat saus cokelat yang set dan mengilap dari pedagang marshmallow lapis cokelat di Yogyakarta. Dihubungi oleh Kompas.com pada Rabu (01/02/2023), Yossy Redha Aldise mengungkap beberapa tips bikin saus cokelat agar tidak mudah meleleh. 

Baca juga:

1. Hindari menggunakan cokelat yang disimpan di kulkas

Menurut Yossy, menggunakan cokelat yang disimpan dalam kulkas bisa membuat tekstur dari adonan saus bisa rusak. 

"Jadi kalau mau bikin saus cokelat itu harus pakai cokelat dengan suhu ruang. Jadi biar nggak rusak adonannya." ungkapnya. 

2. Gunakan bahan yang berkualitas

Penting untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas agar hasilnya juga memuaskan. Pemilihan bahan juga tidak boleh sembarangan, misalnya menggunakan cokelat premium. 

"Kalau saya selama berjualan ini selalu menggunakan bahan berkualitas yang premium. Jadi hasilnya ya asal-asalan. Misalnya cokelatnya itu saja, saya pakainya yang premium. Dari masih jaman coba-coba juga sudah pakai bahan berkualitas yang harganya tergolong mahal menurut saya." jelas Yossy kepada Kompas.com

Salah satu menu pilihan olahan marshmallow di Marshmellow Jogja.DOK.TIKTOK/marshmellowjogja Salah satu menu pilihan olahan marshmallow di Marshmellow Jogja.

3. Gunakan alat pendukung dari stainless steel

Penggunakan alat pendukung untuk membuat saus cokelat bisa dipilih yang dari panci stainless steel. Selain itu, Yossy juga mengungkapkan kalau pada saat memasak cokelat ada bainya untuk menggunakan pengatur suhu makanan agar tepat. 

"Saya menyarankannya itu menggunakan pengatur suhu makanan, jadi melelehkan cokelat itu tidak bisa sembarangan begitu saja. Harus dicek panas air rebusan untuk melelehkan cokelat hingga adonannya itu." katanya. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com