Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Ultra Processed Food dan Bedanya dengan Junk Food?

Kompas.com - 10/08/2023, 15:06 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Selain makanan utuh dan makanan olahan, ada istilah ultra processed food yang dikenal luas. Apa itu?

Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi, pakar sekaligus Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor, menjelaskan bahwa ultra processed food masuk dalam empat kelompok pangan.

"Ada sistem klasifikasi yang membagi begitu banyak pangan dalam empat kelompok, yaitu fresh food, culinary processed food, processed food, dan ultra processed food," kata Purwiyatno saat ditemui media usai acara "Ngobrol Baik Bareng ABC" di Jakarta, Selasa (8/8/2023).

Ultra processed food atau makanan ultra proses diartikan sebagai makanan dengan tambahan gula, garam, dan lemak dalam jumlah tinggi.

Sering kali ultra processed food juga diartikan sebagai produk kemasan dan dijual luas di pasaran.

Secara pribadi, Purwiyatno menilai, pengelompokkan makanan sebenarnya tidak semata-mata berdasarkan pada pengolahannya, khususnya untuk ultra processed food.

"Masalahnya adalah ketika ultra processed food dinilai paling tidak sehat, padahal belum tentu," kata Purwiyatno.

Baca juga:

Ia melihat, penggunaan gula, garam, dan lemak sejatinya sudah digunakan dalam kelompok culinary processed food karena berada di dapur.

Artinya, culinary processed food juga bisa saja menggunakan jumlah garam, gula, dan lemak dalam jumlah banyak sehingga bisa dikategorikan tidak sehat.

Klasifikasi ini juga mendeskripsikan makanan ultra proses memiliki bahan yang menjadi ciri khasnya. 

Bahan-bahan ini tidak pernah atau jarang digunakan di dapur, seperti sirup jagung fruktosa tinggi, minyak protein terhidrolisis, dan bahan tambahan berupa perisa, penguat rasa, pewarna, pemanis, dan sebagainya.

Lagi, menurut Purwiyatno, pengertian tersebut berpotensi membingungkan peran teknologi pangan dalam menilai klasifikasi pangan, terutama ultra processed food.

Serupa tapi tak sama

Ilustrasi sosis. SHUTTERSTOCK/DENISMART Ilustrasi sosis.

Ultra processed food tidak sama persis dengan junk food dan fast food. Begitu fakta yang disampaikan Purwiyatno.

"Pengertian junk food dan fast food biasanya untuk jenis pangan siap saji (siap santap) yang dibeli di luar rumah," kata dia saat dihubungi kembali oleh Kompas.com, Rabu (9/8/2023).

Junk food dan fast food digeneralisasi sebagai pangan yang tinggi lemak, gula, garam, dan miskin gizi. Utamanya miskin serat, vitamin, dan mineral.

Padahal, nyatanya, menurut Purwiyatno, masih ada pangan siap saji yang dibeli di luar rumah dan menyehatkan bila diproduksi dengan memperhatian aspek keamanan dan gizinya.

"Istilah ultra processed food ini lebih luas lagi, mencakup produk pangan yang diproduksi oleh industri pengolahan pangan, termasuk biskuit dan lainnya," ungkap Purwiyatno.

 Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com