Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Apem Selong Menul Berserat, Toppingnya Tak Pelit

Kompas.com - 08/05/2023, 09:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com Kue apem selong merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras. Sebelum membuatnya, kamu perlu menyiapkan bahan biang dan bahan utama.

Ciri khas dari kue tradisional ini adalah adanya pinggiran tipis berwarna cokelat seperti renda. Topping yang biasa digunakan adalah potongan nangka yang melimpah.

Simak cara membuat kue apem selong menul berserat dari buku "Kue Tradisional Indonesia Resep Bakulan Toko Kue Sabine" (2022) oleh AA Putu Tuti Diantarini terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga:

Resep kue apem selong

Bahan biang

  • 150 ml air hangat
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt ragi instan

Bahan utama

  • 200 gram tepung beras
  • 200 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 350 ml santan kental

Cara membuat kue apem selong

  1. Aduk bahan biang menjadi satu. Di lain panci, campurkan gula dan telur sampai mengental. Masukkan biang dan santan, mikser secara perlahan.
  2. Masukkan tepung beras, vanili, garam. Campurkan hingga tidak ada yang menggumpal atau licin. Diamkan selama kurang lebih satu jam sampai adonan naik.
  3. Panaskan wajan cekung, seka permukaan wajan dengan tisu yang sudah diberi minyak. Masak dengan api kecil, tunggu sampai wajan panas dan tuang satu sendok sayur adonan.
  4. Kalau apem sudah setengah matang, taburi dengan potongan nangka, tutup kembali. Masak sampai permukaannya tidak basah.
  5. Cungkil bagian pinggirnya apem selong memutar dan hidangkan.

Buku "Kue Tradisional Indonesia Resep Bakulan Toko Kue Sabine" (2022) oleh AA Putu Tuti Diantarini terbitan Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com