Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Pilih Keluak yang Bagus Digunakan Sebagai Bumbu Masak

Kompas.com - 29/10/2022, 11:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Keluak atau kluwek merupakan salah satu bumbu masak yang biasa digunakan untuk membuat aneka menu masakan khas Indonesia. Seperti rawon dan brongkos. 

Penggunaannya cukup mudah dan sederhana, cukup direbus bersama bumbu lainnya untuk menghasilkan warna hidangan yang hitam dan teksturnya agak kental. 

Kalau kamu sedang ingin membuat rawon atau hidangan berbumbu keluak, kamu perlu mengetahui cara memilih keluak yang benar. Hal tersebut agar hasil dari keluak yang kamu gunakan mengeluarkan cita rasa masakan yang maksimal. 

Baca juga:

1. Pilih keluak kulit kering

Kamu perlu memilih keluak dengan kulit yang kering dan tidak lembab atau mengeluarkan air. Kamu juga wajib memerhatikan bagian kulitnya, pastikan untuk memilih yang tidak berjamur. 

2. Warna daging hitam 

Dilansir dari Majalah Saji / ED 500 2021 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, pilih bagian dalam atau daging buah keluak yang berwarna hitam. Itu artinya keluak sudah siap untuk digunakan. 

Jika bagian dagingnya masih berwarna cokelat, maka itu artinya keluak masih muda dan tidak begitu bagus untuk digunakan menjadi bumbu masakan. 

3. Hindari kulit keluak yang pecah

Ditambahkan dari artikel Kompas.com yang tayang pada Kamis (22/04/2021), Dosen Departemen Ilmu dan Tekonologi Pangan di Institut Pertanian Bogor Nuri Andarwulan mengatakan kalau kulit keluak yang pecah mengandung sedikit lemak.

Hal itu karena teroksidasi udara yang masuk dalam cangkang.

Baca juga: 3 Tips Beli Kluwek Tua untuk Masakan Enak, Jangan Pilih yang Kulitnya Pecah

4. Kocok keluak

Saat akan membelinya, jangan sungkan untuk mengambil satu buah keluak dan mengocoknya. Kalau hasil suara dari kocokkan keluak berbunyi nyaring itu artinya keluak masih muda.

Keluak tua tidak mengeluarkan bunyi nyaring saat dikocok.

5. Hindari keluak yang keriput

Keluak dengan cangkang yang terlalu keriput dan kering menandakan kalau sudah disimpan terlalu lama. Kalau begitu, keluak akan memiliki biji yang susah dikeruk.

Majalah Saji / ED 500 2021 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com