Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Jajanan Bango 2022 Digelar Sampai Akhir Pekan di GBK

Kompas.com - 28/10/2022, 16:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 kembali digelar di area Plaza Timur Senayan Gelora Bung Karno pada dari 28-30 Oktober 2022, setelah sebelumnya FJB diadakan secara virtual.

FJB 2022 hadir dengan mengusung tema "Kenali Rasanya Indonesia".

"Festival jajanan Bango ini sudah diadakan dari 2005, sudah 17 tahun konsisten diadakan untuk mempopulerkan dan mengangkat UMKM kuliner Indonesia," kata Direktur Nutrition PT Unilever Indonesia Tbk. Amaryllis Esti Wijono saat acara press conference di Plaza Timur Senayan pada Jumat (28/10/2022).

Terdapat 90 gerai makanan dan minuman yang menjajakan kuliner legendaris dari setiap pulau di Indonesia.

Baca juga:

Masing masing gerai dikategorikan berdasarkan daerah asalnya, di antaranya ada kuliner khas Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Timur.

Amaryllis menuturkan selain mengangkat UMKM daerah, acara FJB 2022 juga bertujuan untuk melestarikan ragam kuliner Indonesia.

"Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, acara ini diharapkan dapat menyatukan seluruh masyarakat untuk mengenali, merayakan, dan melestarikan aneka kelezatan kuliner Indonesia," katanya.

Penjual makanan di Festival Jajanan Bango 2022. Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Penjual makanan di Festival Jajanan Bango 2022.

Acara FJB 2022 kali ini juga berkolaborasi dengan pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

"Eksplorasi kekayaan kuliner Indonesia diperlukan guna mendorong citra UMKM sehingga dapat berkontribusi untuk perekonomian bangsa," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno yang disampaikan secara virtual saat acara jumpa di Plaza Timur Senayan pada Jumat (28/10/2022).

Baca juga:

2 Cara Toko Roti Legendaris di Jakarta Pertahankan Rasa Produk Selama 55 Tahun

Sandi menilai kolaborasi antara pihak Kemenparekraf dengan FJB 2022 dapat memperkuat program Indonesia Spice Up The World, guna memperluas pemasaran produk bumbu rempah Indonesia.

Sejalan dengan Sandi, pakar kuliner Indonesia William Wongso juga menilai rempah dan makanan khas Indonesia perlu diangkat dan diperkenalkan lebih luas, khusunya untuk generasi muda saat ini.

"Masih banyak masyarakat, khususnya generasi muda yang belum menyadari keunikan kuliner Indonesia," kata Wiliam. 

"Contohnya di Sumatera Barat ada sekitar 900 nagari, dan masing masing rumah pun menggunakan bumbu yang berbeda," lanjutnya.

Sebagai bentuk regenerasi kuliner masing-masing daerah, William berharap pengetahuan seputar kuliner otentik Indonesia dapat disebarluaskan dan dilestarikan melalui acara FJB 2022 ini.

Acara FJB 2022 diadakan secara gratis dan terbuka untuk umum mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Baca juga:

@my.foodplace Giliran ngekos, eh malah boros. Related gak nih? Jadi anak kos, tiap hari mikir mau makan apa yang murah. Sekarang, kamu bisa lebih hemat pengeluaran dengan masak menu simple Tomat Telur. Bikinnya gampang cukup pakai tomat dan telur aja, loh. Dimakan pakai nasi anget dijamin udah enak banget. Yuk simak resep Tomat Telur! #kompascom #foodplace #resepsimple #reseprumahan #resepanakkos #idemasakanrumah #fyp ? Happy / Video CM / Ukulele ? Cooking / Family(897363) - ImoKenpi-Dou
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com