Kompas.com - 24/01/2022, 09:04 WIB

KOMPAS.com - Menjalani usaha roti tidak hanya cukup bermodal uang melainkan juga konsistensi dan komitmen dengan standar yang sudah ditentukan.

Sejak Moro Bake Shop didirikan pada 1967 hingga memperluas cabang ke Jakarta oleh generasi ketiga, rasa dan kualitas roti yang diproduksi di Moro tidak pernah berubah.

Pemilik sekaligus pengelola toko roti Moro Bake Shop Dicky Pramono mengatakan untuk mempertahankan rasa dan kualitas perlu adanya sikap konsisten supaya menjaga kepercayaan pelanggan.

Baca juga:

Konsisten dengan standar bahan baku

Proses pembuatan roti di Moro Bake Shop Dok. Instagram @Moro Bake Shop Proses pembuatan roti di Moro Bake Shop

Dicky mengatakan salah satu kunci rasa dan kualitas roti di Moro Bake Shop tidak pernah berubah dari dulu yaitu pemilik Moro tetap konsisten menggunakan bahan berkualitas sesuai standar yang sudah ditentukan.

" Meskipun harga butter premium yang digunakan menjadi mahal, kami tidak mengubah kualitas. Kalau dari saya, lebih baik menaikkan harga jual dari pada mengorbankan bahan baku," kata Dicky saat ditemui Kompas.com di Moro Bake Shop cabang De Park TMII pada Selasa (18/1/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan salah satu aturan yang ditetapkan oleh sang nenek sebagai pembuat resep roti Moro, yaitu tidak boleh mengganti sedikit pun bahan yang digunakan.

"Itu ancamannya, (kata nenek) kalau mau mengganti bahan, ga usah bikin dan pakai nama Moro," katanya.

Naiknya harga bahan baku yang digunakan terkadang membuat keuntungan yang didapat menjadi berkurang.

Meskipun begitu, ia tetap  konsisten dengan kualitas supaya menjaga kepercayaan pelanggan.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.