Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Kopi Cold Brew 2 Bahan, Nikmati Saat Akhir Pekan

Kompas.com - 14/10/2022, 18:12 WIB
Ais Jauhara Fahira,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kopi saat ini menjadi minuman populer di berbagai kalangan. Aneka kreasi minuman kopi mulai dari rasa sampai teknik juga semakin banyak di Indonesia. 

Baca juga: 10 Jenis Kopi Espresso Based yang Populer di Indonesia

Salah satu teknik membuat minuman kopi, bisa dengan cold brew

Cold brew merupakan teknik membuat kopi dengan cara menyeduh menggunakan air dingin dan kemudian didinginkan dalam waktu lama.

Penasaran dengan cara membuatnya? Simak resep dari The Spruce Eats berikut ini.

Baca juga:

Resep kopi cold brew

Bahan:

  • 170 gram biji kopi berkualitas baik yang digiling kasar
  • 875 ml air dingin

Cara membuat kopi cold brew:

1. Letakkan kopi bubuk dalam teko besar atau toples. Tambahkan air.

2. Aduk perlahan, pastikan semua bubuk kopi sudah jenuh. Tutup dengan kain tipis dan diamkan di kulkas selama 12 jam atau hingga semalaman.

3. Lapisi saringan halus dengan kain tipis dan letakkan di atas wadah atau toples besar. Tuang kopi melalui saringan ke dalam teko.

Jangan mengaduk campuran, ini akan menjaga konsentrat agar tidak keruh. Setelah campuran selesai disaring, bersihkan saringan dan buang bubuk kopi. 

4. Letakkan saringan di atas gelas ukur atau toples besar. Tuangkan kopi melalui saringan kopi, biarkan menetes secara alami ke dalam toples, jangan diaduk. Proses ini bisa memakan waktu hingga satu jam.

5. Dinginkan kopi di dalam wadah kedap udara. Untuk membuat minuman, campur cold brew dengan susu (jika suka) dengan perbandingan satu banding satu.

6. Simpan cold brew concentrate dalam wadah kedap udara di lemari es. Ini akan membuatnya bertahan selama tiga minggu dan dapat dikonsumsi selama sepuluh hari dengan rasa yang optimal.

Baca juga:

@my.foodplace Wah, ini nih Sambal Gami Cumi yang lagi viral! Ada yang pernah cobain? Buat yang belum pernah cobain, mending kita bikin sendiri aja di rumah. Dijamin bakal bikin ngiler deh. Sambal Gami Cumi dimakan pakai nasi anget aja udah enak banget. Cocok buat pencinta pedas wajib cobain Sambal Gami Cumi. Yuk intip resep rahasia Sambal Gami Cumi! #kompascom #foodplace #sambalgami #sambalcumi #resepsambal #reseprumahan #resepsimple #fyp ? Lazy Sunday - Official Sound Studio
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com