Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi 3 Kopi Kekinian Khas Vietnam di Bach Coffee, Manis dan Creamy

Kompas.com - 28/08/2022, 09:04 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aroma wangi biji kopi menguar sesaat setelah mesin kopi selesai membuat segelas espreso.

Aroma pahit dan nutty yang menyatu sempurna berhasil menarik indera penciuman saya untuk mendekat ke sebuah toko kopi di sebelah kanan pintu lobi selatan Kuningan City Mall. Namanya Bach Coffee.

Lain dari kopi kekinian yang saat ini keberadaannya menjamur di Jakarta, Bach Coffee mencoba memberi pilihan minuman baru kepada masyarakat Indonesia, yakni menyuguhkan aneka minuman kopi khas Vietnam. 

Sekilas, segelas kopi yang disuguhkan ke hadapan saya terlihat sama seperti kopi kekinian pada umumnya.

Namun, pengalaman berbeda ini justru tercipta saat untuk kali pertamanya saya mencicipi kopi khas Vietnam.

Ada tiga varian kopi khas Vietnam yang saya cicipi di Bach Coffee yaitu Saigon Milk Coffee, Drip Milk Coffee, dan Saigon Latte. Tiga minuman ini dibuat menggunakan biji kopi asli Vietnam. 

Baca juga:

1. Saigon Milk Coffee

Cita rasa pahit dari biji kopi Vietnam yang diekstrak menjadi espresso terasa menyatu sempurna setelah diaduk bersama susu kental manis dan susu cair segar.

Setelah mencicipi rasa manis yang pas dan sensasi creamy dari Saigon Milk Coffee, agaknya patut diacungi jempol dan pantas mendapat sorotan sebagai minuman paling diminati di Bach Coffee.

Perbedaan paling mencolok menurut saya justru bukan pada rasa manis yang diciptakan melainkan sensasi nutty pada kopi dengan tingkat keasaman kopi khas Vietnam yang rendah membuat rasa kopi menjadi lebih nikmat.

Minuman ini disajikan dengan kemasan plastik yang tebal dan kokoh, sehingga tak perlu khawatir minuman akan tumpah saat diperjalanan.

Penambahan es batu pada minuman ini tidak akan merusak rasa creamy kopi secara keseluruhan, meskipun sudah didiamkan beberapa jam.

Jadi kamu tetap bisa menikmati kopi yang creamy tanpa gangguan es batu yang mencair di dalam kopi.

Baca juga:

Kopi vietnam ala Bach Coffee di Kuningan City Mall.KOMPAS.com/RIZKI M FAUZAN Kopi vietnam ala Bach Coffee di Kuningan City Mall.

2. Drip Milk Coffee

Segelas Drip Milk Coffee agaknya menurut saya cocok diminum oleh orang yang menyukai kopi tradisional.

Selain tidak melibatkan mesin kopi saat proses pembuatan, rasa kopi yang dihasilkan pun terasa lebih kuat.

Penyajian minuman ini termasuk unik, karena setelah proses ekstraksi pertama, kopi langsung dihidangkan bersama dripper ke hadapan pembeli.

Sembari menunggu tahap kedua ekstraksi kopi, kamu dapat merasakan wangi kopi yang menetes perlahan melewati celah-celah dripper. 

Komposisi yang dilibatkan dalam segelas Drip Milk Coffee termasuk sederhana, yakni hanya bubuk kopi khas Vietnam dan susu kental manis. 

Sensasi nutty pada varian kopi ini terbilang cukup kuat, dan tingkat rasa pahit yang dihasilkan juga lebih tinggi dibanding Saigon Milk Coffee. 

Baca juga:

3. Saigon Latte

Penyajian Saigon Latte hampir mirip dengan Saigon Milk Coffee. Perbedaan mencolok terdapat pada penambahan susu kelapa pada kopi sehingga menghasilkan rasanya lebih legit.

Meskipun mengandung whipped cream, gula putih, dan susu cair tetapi rasa espreso sebagai dasar kopi masih terasa di lidah.

Varian ini cocok dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin menikmati kopi dengan rasa lebih ringan. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com