Kompas.com - 01/10/2021, 16:12 WIB

KOMPAS.com - Kopi tubruk merupakan kopi yang dibuat dengan proses sederhana tanpa alat khusus apapun.

Kopi tubruk umumnya dibuat dari bubuk kopi murni dan air panas. Hal tersebut disampaikan oleh Sivaraja, pemilik Amstirdam Coffee & Roastery.

"Jadi, bubuk kopi murni dicampur air panas. Bisa arabika, bisa robusta, bahkan yang mix arabika robusta juga bisa," kata Sivaraja kepada Kompas.com, Kamis (29/9/2021).

Namun, penggunaan masing-masing jenis kopi tersebut akan menghasilkan rasa kopi tubruk yang berbeda.

Jika membuat kopi tubruk menggunakan jenis kopi robusta, Sivaraja mengatakan, rasa kopi tubruk akan menjadi lebih pahit dan manis.

Baca juga:

"Kalau yang arabika dia pahit manis tetapi ada asam-asamnya. Asamnya mungkin bisa mendekati buah-buahan," ujar Sivaraja.

Giling medium untuk kopi tubruk

Cara membuat kopi tubruk, kamu perlu menyiapkan bubuk kopi murni yang sudah digiling medium, tidak terlalu kasar atau tidak terlalu halus.

"Yang enak itu 10 gram kopi dan 150 gram air panas. Kalau mau pakai gula bisa dicampur dikit air panasnya ke kopi sedikit saja sampai seluruh larutan kopinya larut," ujar Sivaraja.

Sivaraja juga menyarankan untuk menyeduh kopi menggunakan air panas dengan suhu 90-95 derajat celcius, bukan 100 derajat selsius.

Kemudian, kopi tubruk bisa langsung disajikan bersama hidangan lain, seperti gorengan, kue, atau makanan lainnya.

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.