Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Olah Pare agar Tidak Pahit, Pilih Pare yang Tepat

Kompas.com - 26/07/2022, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Biasanya, pare dihidangkan dalam satu porsi siomay atau batagor. Lantaran, rasanya yang pahit, sebagian orang banyak yang menhindari untuk memakannya.

Sebetulnya, untuk mengurangi rasa pahit pare ada tipsnya. Seperti dalam penjelasan berikut yang memuat cara menghilangkan rasa pahit dari pare sehingga membuatnya enak dihidangkan menjadi masakan apa saja.

Baca juga:

1. Cara pilih pare

Dilansir dari buku "SajianKu VOL 16/I/2014: Serba-Serbi Tips Seputar Sayuran, Cara Masak Daging Kambing" (2014) karya Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada, ada cara mengolah pare agar tidak pahit.

Cara yang pertama adalah pilih jenis pare yang tepat. Sedikitnya ada tiga jenis pare yang ada di pasaran. Pare putih yang bentuknya panjang, pare hijau yang rasanya pahit dan daging buahnya tipis, dan pare ular.

Pare ular inilah yang tidak begitu punya rasa pahit dibandingkan dua jenis pare lainnya. Selain itu, pare jenis ini juga mudah diolah karena memiliki teksur yang empuk.

2. Potong dan kerok bagian dalam pare

Selanjutnya, kamu bisa memotong pare menjadi dua bagian. Setelah itu, kerok bagian dalam pare dengan warna putih tersebut.

Bagian dalam pare yang berwarna putih ini merupakan tempat biji yang membuatnya pahit.

3. Potong pare sesuai selera

Kamu bisa memotong pare sesuai selera atau potong secara diagonal dengan irisan tipis sekitar setengan sentimeter, seperti yang dilansir dari laman The Spruce Eats.

Ilustrasi pare atau peria.SHUTTERSTOCK/GRAFVISION Ilustrasi pare atau peria.

4. Remas pare hingga layu 

Ditambahkan dari buku "Home Cooking ala Xander's Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram" (2018) oleh Junita terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, sebelum dimaska remas pare yang sudah dipotong sampai layu.

Tambahkan dengan garam secukupnya dan remas agar getahnya hilang. Setelah itu, bilas pare sampai bersih dan olah menjadi menu masakan apa saja.

Baca juga:

5. Rendam dalam yogurt cair

Dilansir dari laman Food NDTV, kamu juga bisa menggunakan yogurt cair untuk merendam pare agar rasa pahitnya berkurang. Cara ini bisa dilakukan selama satu jam sebelum dimasak.

6. Gunakan panci stainless steel

Cara memasak pare agar tidak pahit yaitu gunakan panci stainless steel agar kandungan asam dalam pare tidak berubah. Kemudian, masak dengan cara dikukus agar gizinya tidak hilang.

Selain itu, mengukus pare juga menjadi cara masak yang cepat untuk mematangkannya.

Buku "Home Cooking ala Xander's Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram" (2018) oleh Junita terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

Buku "SajianKu VOL 16/I/2014: Serba-Serbi Tips Seputar Sayuran, Cara Masak Daging Kambing" (2014) karya Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com