Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sate Domba Afrika di Jaksel, Beda dari Sate Biasa

Kompas.com - 17/05/2022, 19:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sate merupakan salah satu kuliner yang cukup populer di Indonesia. Biasanya sate dibuat dari berbagai olahan daging, seperti daging sapi, daging ayam, daging kerbau, dan daging kambing.

Ciri khas utama sate yang disajikan di Indonesia yakni ditusuk menggunakan kayu atau bambu pipih dan dibakar di atas arang panas.

Akan tetapi, beda halnya dengan sate yang biasa disantap di Afrika. Daging yang digunakan yaitu daging domba dan disajikan tanpa tusuk sate.

Di Jakarta, terdapat gerai sate domba afrika yang cukup terkenal, namanya Sate Domba Africa Haji Malik. Lokasinya ada di Jalan Prof. Dr. Satrio Blok Buntu, Nomor 284, RW 1, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

Saat berkunjung ke lokasi, Kompas.com berkesempatan untuk berbincang langsung dengan pemilik sekaligus pengelola Sate Domba Africa Haji Malik Raen Maliki.

Baca juga:

Raen menceritakan usaha sate domba afrika yang ia jalani saat ini berawal dari usaha sate domba yang ia bangun bersama seorang rekan kerja.

"Dulu di sini orang taunya Sate Domba Afrika Kasablanka," kata Raen saat ditemui oleh Kompas.com di gerai Sate Domba Africa Haji Malik pada Rabu (11/5/2022).

Ia mengatakan dulu ia merupakan salah satu pelanggan yang menyukai kuliner sate domba Afrika. Setelah itu Raen ditawari kerja sama untuk menjalankan usaha sate domba afrika ini.

Usaha yang dijalani bersama tersebut kemudian diambil alih sepenuhnya oleh Raen pada 2018 karena rekan kerjannya harus kembali ke kampung halaman.

Sejak saat itu ia mulai mengganti nama usaha menjadi Sate Domba Africa Haji Malik.

"Nama Haji Malik itu adalah nama keluarga dari papa saya, tapi bukan berarti ini restoran penerus," katanya.

Penyematan nama "Haji Malik" ia ambil sebagi salah satu bentuk doa supaya hasil usaha sate domba yang ia jalani dapat membawa dirinya naik haji.

Baca juga:

Ilustrasi Pisang Loco, teman makan sate domba Afrika.Dok. Kompas.com/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Ilustrasi Pisang Loco, teman makan sate domba Afrika.

Sate domba rendah kolesterol

Raen mengatakan sate yang ia jual termasuk rendah kolesterol, bertekstur empuk, dan tidak keras.

Kunci utama rendahnya kolesterol daging domba yaitu ada pada proses memasak domba yang cenderung lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com