5 Tips Pilih Daging Domba Berkualitas Bagus, dari Warna sampai Bau

Kompas.com - 28/10/2020, 10:31 WIB
Ilustrasi daging iga domba yang sudah di-frenching dan siap masak Shutterstock/Alexander RathsIlustrasi daging iga domba yang sudah di-frenching dan siap masak


KOMPAS.com – Tak perlu bingung untuk memilih daging domba berkualitas bagus di pasar atau supermarket.

Kamu hanya perlu memperhatikan beberapa hal dari segi fisik daging domba. Beberapa tips sederhana berikut bisa kamu coba saat mau membeli daging domba.

Baca juga: Apa Bedanya Daging Kambing dan Domba?

1. Warna daging

Daging domba yang dijual di supermarket biasanya sudah dikemas. Bisa jadi kamu kesulitan menyentuh atau membaui daging domba yang sudah dikemas.

Maka dari itu kamu bisa memperhatikan warna dagingnnya.

“Pilih daging dengan warna merah muda. Kamu tidak mau dagingmu warnanya terlalu gelap. Daging harus berwarna merah muda agak kemerahan,” tutur Corporate Chef Meat and Livestock Australia (MLA) Chef Samuel Burke.

Baca juga: Nyetok Daging Giling, Cara Simpan dan Cairkan Daging Beku dari Freezer

Hal itu ia sampaikan kala menjadi narasumber dalam sesi webinar Peluncuran Kampanye #Lambassador bersama Meat & Livestock Australia, Selasa (27/10/2020).

Ilustrasi daging domba berpotongan bagus yang menunjukkan bagian sendi yang utuhShutterstock/margouillat photo Ilustrasi daging domba berpotongan bagus yang menunjukkan bagian sendi yang utuh

2. Potongan yang bagus

Menurut Samuel, daging domba yang bagus juga berupa potongan yang bagus dan sempurna. Jangan pilih potongan yang terlihat berantakan.

Kamu bisa melihat bagian sendi yang utuh di beberapa potongan daging domba. Pilih daging yang seperti itu.

Baca juga: Cara Potong Iga Domba agar Tampilannya Menarik, Knife Skill di MasterChef Indonesia

3. Lemak pada daging

Ketiga, perhatikan lapisan lemaknya. Menurut Samuel, tanda daging domba berkualitas baik salah satunya adalah memiliki lapisan lemak yang cukup.

Ada lemak berwarna putih dan tekstur yang padat dan keras.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X