Pilih Potongan yang Tepat, Cara Minimalisasi Kolesterol dari Daging Domba

Kompas.com - 30/10/2020, 21:08 WIB
Ilustrasi betis domba dimasak dengan proses slow cooking Shutterstock/hlphotoIlustrasi betis domba dimasak dengan proses slow cooking


KOMPAS.com – Daging domba sering dianggap memiliki kandungan lemak kolesterol yang tinggi. Ternyata hal itu tak sepenuhnya benar. Daging domba baik untuk dikonsumsi selama dimakan dalam jumlah tak berlebih.

Hal tersebut diungkapkan oleh Country Manager for Indonesia Meat & Livestock Australia Valeska dalam sesi webinar Peluncuran Kampanye #Lambassador bersama Meat & Livestock Australia, Selasa (27/10/2020).

“Jadi kalau kita bicara secara rata-rata untuk daging merah, termasuk domba, kambing, dan sapi memang tiga kali seminggu per 100 gram dan diselang-seling gitu ya,” kata Valeska.

Baca juga: Apa Bedanya Daging Kambing dan Domba?

Menurut dia, kuncinya selain makan daging merah secukupnya saja, juga memilih daging yang tak terlalu berlemak.

“Sebenarnya daging domba sendiri bagian lemaknya itu sudah sangat lean (sedikit),” sambung dia.

Daging domba untuk pelengkap nutrisi

Hal serupa juga diungkapkan Lifestyle Influencer #Lambassador Hendri Take dalam kesempatan yang sama.

Ilustrasi daging domba yang digoreng, kurang sehat untuk tubuhShutterstock/misolasop Ilustrasi daging domba yang digoreng, kurang sehat untuk tubuh

Sebagai seorang instruktur yoga dan profesional muda, Hendri menjaga asupan makan dengan nutrisi seimbang dan bergizi, termasuk asupan protein. 

“Kata orang (instruktur) yoga harusnya vegetarian. Kalau buat saya, yoga sendiri untuk menjaga keseimbangan kita enggak hanya harus makan sayuran, tapi juga harus cari sumber vitamin yang lain,” tutur Hendri.

Baca juga: 5 Tips Pilih Daging Domba Berkualitas Bagus, dari Warna sampai Bau

Daging domba mengandung protein yang tinggi, zat besi, seng, dan vitamin B12 yang dibutuhkan tubuh.

Hendri mengaku mengonsumsi daging domba untuk melengkapi kebutuhan protein di luar pola makan empat sehat lima sempurna yang ia lakukan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X