Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2022, 14:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain menjual aneka ikan dan kerang laut, usaha ikan laut segar Aiting Seafood juga menyediakan daging kerang tanpa kulit supaya konsumen mudah mengolahnya.

Pengelola bidang operasional Aiting Food, Putri Yoga Presswari mengatakan ada dua jenis daging kerang yang ditawarkan di Aiting Seafood, yaitu daging kerang darah dan kerang lala kulit.

Daging kerang yang sudah terpisah dari cangkangnya harus disimpan dengan benar supaya tidak mengalami proses oksidasi dan berakhir menjadi busuk.

Putri menjelaskan ada dua tips menyimpan daging kerang supaya tahan lama dan tidak cepat bau, seperti berikut: 

Baca juga:

1. Simpan daging kerang di dalam freezer

Putri mengatakan satu-satunya cara mempertahankan kesegaran daging kerang supaya tahan lama yaitu menyimpannya di freezer.

"Sistemnya ketika kerang segar datang, cangkangnya dikupas satu per satu, setelah itu dagingnya langsung dimasukin ke freezer," kata Putri saat ditemui oleh Kompas.com di studio Kompas.com pada Senin (9/5/2022).

Proses pemisahan cangkang dan daging kerang harus dilakukan dengan cepat supaya kerang tidak busuk karena terlalu lama terkena udara.

Baca juga:

Ilustrasi kerang segar yang cangkangnya masih tertutup. UNSPLASH/ Maria M Ilustrasi kerang segar yang cangkangnya masih tertutup.

2. Vakum kemasan daging kerang

Daging kerang yang disimpan di dalam freezer dapat dikemas menggunakan plastik.

Putri mengatakan sebaiknya kemasan daging kerang divakum terlebih dahulu supaya lebih awet saat disimpan di freezer.

"Kalau ada konsumen yang beli daging kerang dan dimasukkan ke dalam freezer rumah, ini bisa tahan selama dua hingga tiga bulan. Tapi harus dalam keadaan benar-benar frozen," katanya. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com