Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Bikin Nagasari Tidak Mudah Basi, Pakai Santan Panas

Kompas.com - 01/03/2022, 22:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ingin membuat kue tradisional di rumah? Coba dengan mengikuti resep nagasari yang terbuat dari bahan sederhana seperti tepung beras, santan, dan gula.

Selain itu, kamu perlu mengetahui beberapa cara membuat nagasari agar tidak keras, kenyal, dan lembut. Selain itu, ada cara bikin nagasari yang tidak mudah basi atau tahan lama.

Dihubungi oleh Kompas.com, Executive Chef Hotel Santika Premiere Yogyakarta Totok Siswantoko menjelaskan seputar cara membuat nagasari agar tidak mudah basi berikut ini.

Baca juga:

Kunci bikin nagasari tidak mudah basi

Nagasari adalah kue basah tradisional Indonesia dari tepung beras yang cukup mudah dibuat di rumah.DOK.SHUTTERSTOCK/Setyo Hadi Joko Nugroho Nagasari adalah kue basah tradisional Indonesia dari tepung beras yang cukup mudah dibuat di rumah.

Chef Totok mengatakan, salah satu bahan membuat nagasari adalah santan.

Penggunaan santan tidak boleh sembarang agar hasil dari nagasari tidak berujung gagal. Salah satu yang disarankannya adalah menggunakan santan yang direbus hingga mendidih.

“Jadi, santan harus dimasak atau direbus hingga mendidih atau matang. Tujuannya adalah agar keawetan dari nagasari lebih lama.” Ungkapnya kepada Kompas.com pada Jumat (25/02/2022).

Baca juga:

Ilustrasi kue nagasari yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula.DOK.SHUTTERSTOCK/tyasindayanti Ilustrasi kue nagasari yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula.

Selain itu, penggunaan santan panas atau santan yang direbus hingga mendidih saat membuat nagasari adalah untuk menghindari santan menjadi pecah.

“Tapi tahap memasak santan untuk nagasari itu juga berbeda-beda. Ada staf saya, dia itu dicampur jadi satu lalu diaduk-aduk di atas api. Diaduk sampai dia mendidih. Tapi itu, ada yang jadi tetapi ada juga yang enggak.” Imbuhnya.

Baca juga:

Setelah santan mendidih, baru tepung beras dan tepung campuran lainnya dimasukkan ke dalam santan.

“Kalau santan sudah matang, tuang tepung sedikit demi sedikit. Dituang perlahan sambil diaduk itu tujuannya agar adonan tercampur dan tidak ada bubble atau bergerindil” Tuturnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com