Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Mi Soba, Mi Khas Jepang dari Tepung Gandum Kuda?

Kompas.com - 22/02/2022, 20:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis


KOMPAS.com - Ada beberapa macam mi khas Jepang, salah satunya yaitu soba. Mi soba bisa disajikan dalam kondisi dingin dan hangat. 

Penyajiannya biasa dengan tempura atau ala carte khas Jepang lainnya. Mengulik lebih jauh mengenai mi soba, simak dalam dalam ulasan berikut. 

Baca juga:

Apa itu soba?

Dikutip dari Bon Appetit, soba dalah mi Jepang yang terbuat dari buckwheat atau gandum kuda dan air. Buckwheat sendiri adalah semacam biji-bijian yang bernama Fagopyrum esculentum.

Terkadang ada juga yang menambahkan tepung gandum atau terigu supaya mi tidak rusak. 

Di samping itu penambahan tepung terigu juga bisa membuat soda lebih tahan lama dan harga jualnya lebih murah.

Soba, mi sehat dari Jepang yang dipercaya dapat melancarkan peredaran darah, rendah kalori, anti kolesterol, dan anti-aging.KOMPAS.COM/MENTARI CHAIRUNISA Soba, mi sehat dari Jepang yang dipercaya dapat melancarkan peredaran darah, rendah kalori, anti kolesterol, dan anti-aging.

Rasio tepung gandum yang biasa dipakai yaitu sekitar 20 persen, sisanya adalah tepung buckwheat.

Baca juga:

Menambahkan dari The Spruce Eats, soda memiliki rasa nutty dengan tekstur padat tapi lembut. Mi ini bisa digunakan dalam berbagai salad, sup, atau hidangan tumis. 

Bahkan bisa juga disajikan dingin lalu dicelupkan saus dari kedelai. 

Mi soba dapat dengan mudah ditemukan di Jepang, baik pedagang kaki lima atau restoran. Biasanya mi ini juga dinikmati sebagai makanan tradisional saat malam tahu baru. 

Baca juga:

Jika kamu menghindari makanan yang mengandung gluten, agaknya mi soba bisa jadi pilihan tepat. Sebab mi soba autentik tidak mengandung gluten karena terbuat dari 100 persen tepung buckwheat.

Menambahkan dari Healtlhine, satu porsi mi soba autentik mengandung nutrisi yang sama seperti spageti gandum utuh. Namun kadar proteinnya justru lebih tinggi.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com