Udon hingga Ramen, 7 Jenis Mi khas Jepang

Kompas.com - 04/06/2020, 14:32 WIB
Ilustrasi ramen. Berbeda dengan udon atau soba, ramen punya tekstur yang lentur, berpostur gemuk, dan berwarna kuning. SHUTTERSTOCKIlustrasi ramen. Berbeda dengan udon atau soba, ramen punya tekstur yang lentur, berpostur gemuk, dan berwarna kuning.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramen dan udon mungkin makanan Jepang berbahan mi paling populer di Indonesia. Namun sebenarnya di Jepang ada banyak makanan berbahan mi.

Uniknya lagi jenis mi masing-masing makanan juga berbeda. Baik dari segi bahan pembuatan maupun bentuk mi. Oleh karena itu juga mempengaruhi cara memasak dan bumbu yang digunakan.

Dikutip dari Tribun Travel  berikut adalah 7 makanan Jepang dengan bahan dasar mi dan cara membedakannya:

Baca juga: Resep Mi Instan Kekinian, Bikin Mi Instan Schotel

1. Udon

Udon adalah mi Jepang yang paling tebal dan terbuat dari tepung gandum (terigu).

Meski udon lebih sering disajikan dengan kuah kaldu yang hangat, udon juga bisa dinikmati dengan suhu dingin atau dicocolkan ke saus.

Ada juga yang suka menikmati udon dengan cara diberi irisan bawang hijau (daun bawang yang lebih tua) dan kamaboko atau olahan daging ikan yang dikukus.

2. Ramen

Mi ramen memiliki bentuk bergelombang atau keriting dan tipis. Berbeda dengan udon yang warnanya putih, ramen biasanya berwarna sedikit kuning.

Baca juga: Rahasia Masak Mi Supaya Tekstur Kenyal, Cara Merebus Harus Tepat

Ramen dibuat dari tepung gandum, garam, air, dan kansui (cairan pengenyal mi). Adonannya juga didiamkan lebih dulu sebelum diuleni.

3. Soba

Soba, mi sehat dari Jepang yang dipercaya dapat melancarkan peredaran darah, rendah kalori, anti kolesterol, dan anti-aging.KOMPAS.COM/MENTARI CHAIRUNISA Soba, mi sehat dari Jepang yang dipercaya dapat melancarkan peredaran darah, rendah kalori, anti kolesterol, dan anti-aging.

Biasanya soba dibuat dengan campuran tepung sorgum dan tepung gandum. Ada juga soba yang dibuat hanya dari sorgum saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X