Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Iris Daging Abalone Mentah, Cocok Buat Topping Sushi

Kompas.com - 10/02/2022, 09:37 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah abalone dibersihkan dari cangkang, sebagian besar orang ada yang mengolah abalone dalam keadaan utuh. Namun, ada juga yang mengiris abalone sebelum diolah.

Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu mengatakan cara memotong ataupun mengiris daging abalone biasanya disesuaikan dengan jenis olahannya. 

"Kalau potong atau mengirisnya (abalone), ada yang cuma iris tipis saja setelah dibersihkan, seperti topping sushi," kata Stefu saat dihubungi oleh Kompas.com melalui sambungan telepon pada Kamis (3/2/2022).

Melansir dari laman The Spruce Eats, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila ingin mengiris abalone yang masih mentah.

Pertama, pastikan abalone yang akan diiris masih segar, utuh, dan sudah dibersihkan setelah dikeluarkan dari cangkangnya. 

Setelah itu mulai lah mengiris bagian luar kulit abalone yang keras. Bagian tersebut tidak akan berubah menjadi lunak seperti bagian daging yang lain meskipun sudah dikukus.

Baca juga:

 Stir Fried Choy and Asparagus with Abalone and Crab Sauce menjadi salah satu sajian pada malam tahun baru Imlek di Hotel Pullman Jakarta Indonesia.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Stir Fried Choy and Asparagus with Abalone and Crab Sauce menjadi salah satu sajian pada malam tahun baru Imlek di Hotel Pullman Jakarta Indonesia.

Kemudian iris daging abalone perlahan dengan ketebalan 0,6 sentimeter menggunakan pisau tajam, dan usahakan daging abalone tidak ikut teriris. 

Bagian tengah daging abalone yang belum diolah biasanya cenderung alot, sehingga perlu dilunakkan terlebih dahulu.

Caranya, setelah daging abalone diiris, taruh satu irisan daging abalone di dalam plastik.

Kemudian sentuh daging abalone menggunakan ujung jari untuk merasakan seberapa alot teksturnya.

Apabila tekstur daging abalone sudah lunak, sebaiknya tidak perlu dilunakkan. 

Namun, jika daging abalone cukup alot, lunakkan daging dengan cara mengetuk irisan daging abalone menggunakan bagian belakang sendok secara perlahan. 

Lunakkan tekstur daging abalone tanpa merobek dagingnya. Apabila daging abalone dirasa sudah cukup lunak, taruh daging abalone di dalam wadah terpisah.

Lakukan tahap tersebut hingga semua daging abalone lunak. Setelah itu daging abalone siap untuk diolah menjadi campuran masakan atau dihidangkan mentah.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com