Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Simpan Abalone, Bisa Tahan Hingga Setahun

Kompas.com - 08/02/2022, 09:37 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Abalone ialah hewan laut segar yang bisa cepat membusuk apabila terlalu lama dibiarkan terkena suhu udara ruangan. 

Oleh karena itu, setelah abalone diangkat dari air sebaiknya langsung diolah. Mengolah abalone bukan berarti harus menyantapnya saat itu juga, bisa juga dialihkan sebagai simpanan untuk dimasak nantinya. 

Executive Chef APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu, mengatakan ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menyimpan abalone:

Baca juga:

1. Blash freezer

Cara paling mudah untuk menjaga agar abalone tetap segar yaitu dengan menyimpannya secara blash freezer.

"Setelah diangkat, dia (abalone) langsung di-blash freezer dalam kondisi hidup-hidup," kata Stefu saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon pada Kamis (3/2/2022). 

Blash freezer merupakan teknik pembekuan dengan menggunakan suhu hingga minus 50 derajat Celsius. Teknik pembekuan ini serupa dengan yang biasa dilakukan saat membekukan ikan salmon.

Stefu mengatakan, semakin rendah suhu yang digunakan, maka akan semakin rendah pula kadar kristal es yang ada di dalam daging. Sehingga rasa daging abalone tidak berubah saat akan diolah. 

Baca juga:

2. Direbus sebelum dibekukan 

Ilustrasi abalone yang dihidangkan mentah bersama kecap di Jeju. SHUTTERSTOCK/MARON_STUDIO Ilustrasi abalone yang dihidangkan mentah bersama kecap di Jeju.

Cara kedua yaitu membekukan daging abalone yang sudah direbus. Selain bisa mengawetkan daging abalone, merebus abalone dapat memberikan rasa pada daging abalone.

Proses perebusan daging abalone dan bumbu yang digunakan untuk air rebusan disesuaikan dengan olahan apa yang akan dibuat nantinya.

"Kalau bumbu, bisa macam-macam, tapi tentu saja harus ada unsur garam, karena garam ialah salah satu bahan yang membantu menambah proses pengawetan alami dan memberikan rasa. Pasti akan ada unsur bumbu, ini dikembalikan lagi ke si pengolahnya," kata Stefu.

Setelah abalone direbus, sebaiknya dimasukkan ke dalam wadah tertutup atau divakum supaya kualitas abalone tidak rusak.

"Dia (abalone) harus dibungkus, jangan taruh secara terbuka. Kalau dibiarkan terbuka, abalone bisa burn freez atau terbakar karena proses pembekuan," katanya.

Stefu mengatakan abalone bisa tahan disimpan hingga satu tahun dalam keadaaan beku, dengan syarat abalone tidak mengalami perubahan suhu secara signifikan. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com