Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fungi Ebi dalam Masakan, Bisa Jadi Penyedap Alami

Kompas.com - 14/01/2022, 11:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Ebi adalah udang kering kecil yang umum digunakan untuk memasak. Bumbu ini kerap disamakan dengan rebon, padahal sebetulnya keduanya berbeda. 

Perbedaan keduanya ada pada bentuknya dan kegunaannya. Ukuran ebi biasanya lebih kecil daripada udang. Selain itu, penggunaan ebi dalam masakan juga lebih beragam. 

Sebetulnya apa fungsi ebi untuk masakan? Berikut penjelasannya seperti dilansir dari "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" oleh Murdijati Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga:

1. Penyedap masakan 

Fungi utama ebi dalam masakan yakni sebagai bumbu penyedap. Penggunaannya bisa untuk sayuran tumis, sambal goreng, asinan, serta hidangan berkuah.

Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto dalam laman Kompas.com juga menjelaskan bahwa ebi bisa menjadi penyedap alami yang mampu memberikan rasa umami.

“Ebi bisa dibikin terasi, sambal atau dibikin campuran sayuran. Jadi bahan penyedap. Ini gak bahaya, ebi bisa dikatakan micin yang alami dan tidak berbahaya,” ujar Gatot.

Ilustrasi udang ebi Jepang, warnanya merah muda. SHUTTERSTOCK/PICTURE PARTNERS Ilustrasi udang ebi Jepang, warnanya merah muda.

2. Memberi aroma 

Ebi dapat digunakan untuk memberi aroma udang pada masakan berkuah atau tumisan. Dalam penggunaannya biasanya dipilih ebi utuh yang bagus dan segar supaya aromanya tidak menusuk.  

Baca juga:

3. Taburan makanan

Ebi bisa digunakan dalam bentuk bubuk. Untuk mendapatkan ebi bubuk ini kamu cukup menghaluskan lalu menyangrainya.  

Ebi bubuk dapat dipakai sebagai taburan makanan maupun pelengkap, misalnya untuk asinan atau talam ebi. 

Baca juga:

4. Pengganti terasi 

Ilustrasi ebi kering, bumbu dapur berbentuk udang kecil. SHUTTERSTOCK/ Cloud Vision Ilustrasi ebi kering, bumbu dapur berbentuk udang kecil.

Melansir dari artikel Kompas.com, ebi dapat digunakan sebagai pengganti terasi untuk menyedapkan masakan.

Namun karena pengolahan keduanya berbeda, aroma yang dihasilkan pun tidak sama. Untuk mendapatkan aroma ebi yang lebih kuat, kamu bisa menyangrai, membakar atau menggorengnya terlebih dulu.

Buku "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" oleh Murdijati Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com