Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Goreng Risoles agar Tidak Bocor dan Kulitnya Renyah Sempurna

Kompas.com - 01/01/2022, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Risoles adalm camilan yang bisa kamu kreasikan isiannya sesuai selera. Kamu bisa menggunakan aneka sayuran, seafood, daging, hingga cokelat dan keju sebagai isiannya.

Cara membuat risles cukup mudah dan sederhana. Namun, kamu perlu mengetahui beberapa cara menggoreng risoles agar isiannya tidak bocor dan kulitnya renyah maksimal.

Melansir dari buku “25 Resep Kue Paling Laku Dijual - Variasi Risoles” (2013) oleh Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada sekian tips menggoreng risoles yang benar.

Baca juga:

1. Gunakan minyak banyak

Cara goreng risoles yang pertama adalah gunakan minyak banyak yang panas. Pastikan saat menggoreng, risoles dalam keadaan terendam semua sisi.

2. Gunakan api besar

Dalam buku tersebut menyarankan untuk menggunakan api besar saat menggoreng risoles. Hal ini agar tidak membutuhkan waktu lama saat menggorengnya. Selain itu, menggoreng risoles dalam api besar bisa membuatnya tidak menyerap minyak banyak.

Ilustrasi risoles panggang isi sosis ala Sajian Sedap. DOK. SAJIAN SEDAP Ilustrasi risoles panggang isi sosis ala Sajian Sedap.

3. Gunakan peniris kawat

Setelah risoles digoreng hingga matang, angkat dan tiriskan dengan peniris kawat.

Letakkan risoles di atas tisu dapur dengan posisi berdiri agar minyak keluar sempurna.

4. Jangan goreng saat masih beku

Melansir dari artikel Kompas.com yang tayang pada Rabu (14/07/2021), Chef Lucky P. Nugraha dari The Jayakarta Bandung membagikan tips membuat risoles anti gagal.

Salah satunya adalah menggoreng risoles dalam keadaan masih beku. Tentu saja, hal tersebut bisa membuat risoles meledak atau bocor saat digoreng.

Risoles beku masih memiliki kandungan air di dalamnya. Oleh karena itu, kamu perlu menyimpannya hingga benar-benar cair dan kandungan air berkurang.

Buku “25 Resep Kue Paling Laku Dijual - Variasi Risoles” (2013) oleh Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com