Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Es Murni Magelang, Bermula dari Jualan Es Gandul Jadul

Kompas.com - 30/12/2021, 20:12 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Menikmati semangkuk es campur merupakan pilihan tepat saat cuaca sedang sedang panas dan terik. 

Kalau lagi jalan-jalan di Magelang, kamu bisa mampir ke Es Murni Magelang untuk mencicipi aneka sajian es campurnya.

Rumah makan ini merupakan salah satu kuliner legendaris di Magelang. Tak heran jika hampir setiap saat tempatnya ramai pembeli, khususnya ketika musim liburan. 

Baca juga:

Pemilik Es Murni Magelang, Emmawati Surjanto kepada Kompas.com menceritakan perjalanan sukses usahanya.  Berikut penuturannya. 

Ilustrasi es campur kacang hijau kelapa muda, sajian dari Es Murni Magelang. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi es campur kacang hijau kelapa muda, sajian dari Es Murni Magelang.

Mulai berjualan sejak 1962

Es Murni Magelang sudah berjualan sejak 1962. Mulanya, usaha ini dibuat oleh orang tua Emma yang kala itu bingung mau kerja apa. 

Setelah berpikir, orang tua Emma lalu memutuskan untuk membuat es gandul untuk dijual. Selain itu, orang tua Emma juga berkreasi dengan membuat es lilin untuk pelengkapnya.

"Dulu itu kan orang tua saya habis menikah bingung mau kerja apa, terus coba-coba bikin es. Kalau dulu namanya es gandul, es gosrok yang dikasih tutup lepek gelas terus dikasih sirup itu. Itu pertamanya itu," ujar Emma, Jumat (24/12/2021). 

Baca juga:

Tak disangka usaha es tersebut ramai dan banyak digemari. Melihat peluang tersebut, orang tua Emma memutuskan untuk menyewa tempat usaha yang digunakan hingga sekarang. 

Setelah pindah ke tempat, pelanggan Es Murni Magelang semakin bertambah. Berkat antusiasme pembeli, orang tua Emma lalu membuat kreasi menu es campur lain sebagai bentuk inovasi.

Jika mulanya hanya berjualan es gandul kini Es Murni Magelang punya puluhan varian es. Saking banyaknya, Emma mengatakan bahwa ia sendiri tidak tahu tahu pasti jumlah variannya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com