Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2021, 13:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Hidangan bolu atau kue dengan ukuran loyang besar seperti kue tart biasanya tidak langsung habis.

Kue yang tidak habis biasanya langsung disimpan di lemari es. Namun, kamu perlu mengetahui kalau ada beberapa cara simpan cake dari segi tempat dan kondisi.

Melansir dari buku “Sukses Membuat Aneka Kue” (2014) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, berikut cara menyimpan cake yang tepat.

Baca juga:

1. Cara simpan cake polos

Cake polos adalah cake yang masih belum dihias dengan bahan lainnya. kamu bisa menyimpan cake polos seperti butter cake, sponge cake, dan jenis cake lainnya di wadah tertutup.

Simpan dalam suhu ruang, maka cake akan tahan hingga 24 jam.

Selain di suhu ruang, kamu bisa menyimpannya di chiller pada lemari es. Masukkan cake dalam wadah tertutup rapat dan simpan selama satu minggu.

Kalau kamu ingin memperpanjang masa simpannya, simpan dalam freezer. Cake yang belum dihias akan awet hingga tiga bulan dalam keadaan beku.

Ilustrasi butter cake yang lembut.DOK.SHUTTERSTOCK/WS-Studio Ilustrasi butter cake yang lembut.

2. Cara simpan cake yang sudah dihias

Kalau cake buatanmu sudah dihias dengan fondant, icing, atau frosting tidak habis dimakan. Simpan dengan tiga cara menyimpan cake berikut ini.

Simpan cake yang sudah dihias di suhu ruang dalam wadah tertutup rapat. Kalau kamu menyimpan frosting cake di dalam wadah tertutup maka cake masih bisa dimakan hingga kurang dari dua hari.

Simpan cake di dalam chiller, lemari es. Simpan cake yang sudah dihias terutama yang menggunakan hiasan dari whipping cream, ganache, vla, dan cream cheese dalam lemari es. Maka kue akan tahan hingga 3 hari.

Cake yang sudah dihias sebaiknya tidak disimpan dalam freezer untuk tidak merusak tekstur hiasan atau cake.

Buku “Sukses Membuat Aneka Kue” (2014) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com