Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Restoran Masakan Indonesia Terbaik di Dunia Menurut Michelin Guide

Kompas.com - 26/12/2021, 19:46 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Michelin Guide merupakan buku panduan kuliner yang berasal dari Perancis. Michelin menilai restoran di berbagai negara dengan bintang 1 sampai 3.

Selain restoran berbintang Michelin, ada restoran yang tidak mendapat bintang tetapi termasuk dalam daftar Michelin Guide.

Sampai saat ini belum ada Michelin Guide di Indonesia. Namun, terdapat 10 restoran masakan Indonesia terbaik di dunia yang tersebar di berbagai negara.

Salah satu dari daftar tersebut adalah Warung Siska yang baru buka pada Juli 2021 di Redwood City, California, Amerika Serikat.

Restoran yang berkonsep warung dengan berbagai masakan tradisional Indonesia tersebut masuk dalam daftar Michelin Guide California.

Daftar 10 restoran masakan Indonesia terbaik di dunia menurut Michelin Guide berbagai wilayah dapat kamu baca pada ulasan berikut seperti melansir laman Michelin Guide.

Baca juga:

1. Tambuah Mas - Michelin Guide Singapore

Tambuah Mas berdiri sejak 1981 dengan masakan Indonesia dari Padang, Sulawesi, dan Jawa.

Beberapa menu favorit pelanggan Tambuah Mas adalah Rendang Lembu, Tahu Telor, dan Kepala Ikan Istimewa (ikan saus asam manis).

Harga makanan di Tambuah Mas sekitar Rp 260.000 sampai Rp 420.000-an.

Terdapat tiga outlet Tambuah Mas. Outlet yang masuk dalam daftar Michelin Guide berada di 19 Tanglin Road, 247909, Singapura. Tepatnya berada di dalam Tanglin Shopping Centre.

Tempat makan legendaris di Singapura ini beroperasi pada pukul 11.00-22.00 waktu setempat.

2. Lucky Indonesia - Michelin Guide Hong Kong

Restoran masakan Indonesia terbaik di dunia selanjutnya adalah Lucky Indonesia yang berada di Hong Kong. Tepatnya di 46 Tung Ming Street, Hong Kong.

Lucky Indonesia juga termasuk Bib Gourmand artinya mempunyai makanan berkualitas bagus dan masakannya bernilai bagus menurut Michelin Guide.

Warung yang sudah beroperasi selama setidaknya 30 tahun tersebut menyajikan masakan khas Indonesia khususnya Jawa. 

Berbagai sate ala Lucky Indonesia merupakan menu yang patut dicoba. Ada daging ayam, sapi, kambing, dan babi. Nasi Kuning dan Bandeng Goreng juga termasuk menu yang wajib dicoba.

Harga makanan di Lucky Indonesia antara Rp 110.000 sampai Rp 180.000-an. Tempat makan ini buka pukul 11.00-20.30 waktu setempat.

3. Sate House - Michelin Guide Taipei dan Taichung

Sate House berlokasi di 15 Leli Road, Taipei, Taiwan. Tempat makan ini telah melayani pembeli sejak 1993. Sate House juga masuk dalam daftar Bib Gourmand.

Sang pemilik yang merupakan orang Indonesia keturunan China menyajikan masakan seperti rendang, sate, ayam goreng kalasan, dan tempe.

Ada juga nasi tumpeng untuk acara spesial tetapi sistem pemesanan secara pre-order.

Siapkan bujet mulai dari Rp 205.000 sampai Rp 515.000-an untuk menyantap masakan di Sate House.

Sate House buka setiap hari kecuali Senin pada pukul 11.30-14.30 dan 17.30-21.00 waktu setempat.

4. Spandershoeve - Michelin Guide Netherlands

Salah satu varian sate di Spandershoeve. DOK. SPANDERSHOEVE.NL Salah satu varian sate di Spandershoeve.

Kali ini beranjak ke Belanda. Terdapat restoran masakan Indonesia bernama Spandershoeve, alamatnya di Bussumergrintweg 46, Hilversum, 1217 BS, Belanda.

Restoran yang juga termasuk dalam daftar Bib Gourmand ini kini dikelola oleh cucu dari sang pendiri Spandershoeve.

Beberapa makanan di Spandershoeve yaitu soto ayam, ikan mangut, sambal goreng pete udang, ayam rica-rica, dan rendang.

Sesuai tradisi makan orang Belanda, tersedia juga menu rijsttafel untuk dua orang. Makanan dalam menu ini seperti sambal goreng daging, sate ayam, perkedel, dan gado-gado.

Harga makanan di Spandershoeve mulai dari Rp 175.000-an. Tempat makan ini buka pada Selasa sampai Minggu pukul 12.00 sampai 19.00 waktu setempat.

5. Ron Gastrobar Indonesia - Michelin Guide Netherlands

Berbagai masakan Indonesia di Ron Gastrobar Indonesia. DOK. RONGASTROBAR.NL Berbagai masakan Indonesia di Ron Gastrobar Indonesia.

Masih di Belanda, ada lagi restoran masakan Indonesia terbaik menurut Michelin Guide yaitu Ron Gastrobar Indonesia.

Masakan Indonesia dengan sentuhan modern dihidangkan di Ron Gastrobar Indonesia. Beberapa menu di restoran berkonsep fine dining ini yaitu Ikan Dabu, Udang Laut Peteh, Risoles, dan Kue Dadar Ijo.

Harga makanan di Ron Gastrobar Indonesia mulai dari Rp 200.000-an. Lokasi Ron Gastrobar Indonesia di Amstelzijde 51, Ouderkerk aan de Amstel, 1184 TZ, Belanda.

Ron Gastrobar Indonesia buka setiap hari pukul 12.00-14.30 waktu setempat untuk jam makan siang dan 17.30-22.30 waktu setempat untuk makan malam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com