Kompas.com - 26/12/2021, 16:12 WIB
Ilustrasi berbagai sate di angkringan. SHUTTERSTOCK/ABID99Ilustrasi berbagai sate di angkringan.

KOMPAS.com - Berkunjung ke Yogyakarta tidak lengkap rasanya jika belum mencoba berbagai makanan di sana. 

Setelah lelah berkeliling di sekitaran Malioboro, Alun-Alun, dan Tugu Jogja, kamu dapat mampir ke salah satu angkringan di sana.

Terdapat banyak angkringan di Jogja, khususnya di kawasan Malioboro dan Tugu Jogja.

Jika kamu masih bingung hendak kemana, berikut 7 rekomendasi angkringan di kawasan Malioboro, Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi:

Baca juga:

1. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Angkringan Kopi Jos Lik Man merupakan angkringan legendaris di Jogja.

Masih berada di kawasan Malioboro, angkringan ini berlokasi di Jalan Ps. Kembangan Nomor 3, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

Angkringan ini terkenal dengan sajian kopi josnya, yaitu kopi tubruk kampung yang dicelupi bara arang kayu.

Selain itu juga ada beragam makanan yang disediakan, seperti berbagai varian nasi kucing, aneka sate, aneka gorengan, dan aneka baceman.

Harga yang ditawarkan sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 8.000.

Angkringan ini buka setiap hari mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB.

2. Angkringan Pak Jabrik

Angkringan Pak Jabrik berlokasi di Jalan Mangkubumi, Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta.

Angkringan Pak Jabrik buka setiap hari mulai pukul 20.30 WIB sampai pukul 04.30 WIB. Khusus pada hari Sabtu, jam operasional dapat berubah-ubah.

Menu yang disediakan mulai dari aneka nasi, seperti Nasi Kikil, Nasi Oseng Tempe, Sego Sambel, Nasi Sambel Teri, Nasi Usus Goreng, Nasi Langgi, dan Nasi Rica Ayam.

Selain itu juga ada aneka sate, seperti Sate Telur Puyuh, Sate Bakso, Sate Ayam, Sate Usus, Sate Udang, dan lain-lain.

Harga yang ditawarkan tergolong murah, untuk harga seporsi nasi mulai dari Rp 5.000 dan sate mulai dari Rp 3.000.

Baca juga:

3. Angkringan Kang Harjo

Angkringan ini berlokasi di Jalan Wijilan, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Lokasinya cukup strategis, tidak jauh dari kawasan Alun-Alun dan Malioboro.

Terdapat jenis makanan yang disajikan secara prasmanan, seperti beragam jenis sayuran, usus, hati, dan aneka sate.  Harga mulai dari Rp 2.000 sampai Rp 5.000.

Angkringan ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 WIB sampai pukul 02.00 WIB. Khusus hari Sabtu, waktu operasional angkringan dapat berubah-ubah.

4. Angkringan Mas Bagong

Berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 3, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. Buka setiap hari mulai pukul 17.00 WIB sampai pukul 01.45 WIB. 

Angkringan ini terkenal dengan kopi hitam yang dicelupi arang panas.

Selain itu juga menyediakan aneka makanan seperti nasi kucing, sate-satean, gorengan, dan aneka bacem. Harga makanan mulai Rp 5.000.

5. The House of Raminten

Setelah lelah berkeliling di Malioboro, kamu bisa mampir ke The House of Raminten. Tempat makan ini menyediakan makanan layaknya angkringan. 

Tidak seperti angkringan biasa yang berada di pinggir jalan, The House of Raminten berada di sebuah rumah makan. Lokasinya di Jalan Faridan M Noto Nomor 7 Kota Baru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. 

Menu yang disediakan mulai dari nasi kucing, aneka sate, nasi gudeng, nasi liwet, aneka sop, pecel, dan lain-lain. Harganya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.