Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempe Bisa Gantikan Nutrisi dari Daging Sapi, Benarkah?

Kompas.com - 07/11/2021, 12:07 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Daging merah termasuk salah satu bahan makanan hewani yang mengandung beragam nutrisi, termasuk vitamin B12.

Vitamin B12 memiliki beberapa manfaat, seperti dilansir dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, vitamin B12 berfungsi untuk mengikat protein dalam makanan serta dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah.

Vitamin B12 bisa didapatkan dari banyak sumber makanan hewani beserta produk turunannya, seperti ikan, unggas, hati, telur, susu, dan keju.

Jika vitamin B12 lebih banyak terdapat dalam produk hewani, bagaimana dengan makanan vegan yang tidak mengonsumsi makanan berbasis hewani sama sekali?

ilustrasi tempe goreng. SHUTTERSTOCK/Hilal N Zaman ilustrasi tempe goreng.

Tempe mengandung vitamin B12 tinggi

President of World Vegan Organisation (WVO) & Vegan Society of Indonesia (VSI), Dr Susianto, MKM mengungkapkan bahwa tempe memiliki kandungan vitamin B12 lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi.

"Dalam 100 gram tempe segar, di dalamnya ada 3,9 mikrogram vitamin B12. Dalam 100 gram daging sapi cuma ada 3,0 mikrogram vitamin B12," ujar Susianto kepada Kompas.com, Rabu (3/11/2021).

Dalam video berjudul Gizi Vegan Part 4-Vitamin B12 (Vegan Nutrition Part 4 - Vitamin B12) di akun YouTube The Science of Vegan, Susianto mengatakan bahwa kandungan vitamin B12 dalam tempe bisa meningkat hingga 5,5 mikrogram jika dikeringkan.

Susianto menuturkan, vitamin B12 bukan diproduksi oleh hewan, melainkan mikroorganisme yang biasanya ditemukan dalam fermentasi sebuah produk. Salah satunya adalah tempe.

"Kalau memang vitamin B12 hanya terdapat di dalam makanan hewani, maka ini bukti bahwa manusia harus makan (produk) hewani dan itu tidak benar karena hewan sendiripun mendapatkan vitamin B12 bukan hasil produksi tubuhnya sendiri," jelas Susianto dalam video tersebut.

Baca juga:

Ilustrasi daging kambingfreepik Ilustrasi daging kambing

Nutrisi makanan nabati lebih tinggi daripada daging

Susianto juga mengatakan bahwa bahan makanan nabati mengandung berbagai nutrisi selain vitamin B12 dalam jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk hewani.

Beberapa nutrisi tersebut seperti kalsium, zat besi, dan protein.

Menurut Susianto, ada 129 miligram kalsium dalam 100 gram tempe. Sementara dalam 100 gram daging sapi, kambing, dan ayam hanya mengandung 11-14 miligram kalsium.

"Susu sapi kalsiumnya cuma 118 miligram, yoghurt cuma 120 miligram dalam 100 gram. Padahal dalam 100 gram biji-bijian ada 1160 miligram kasium. Jadi kalsium dalam biji wijen 10 kali lebih tingggi dari susu sapi," jelas Susianto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com