Kompas.com - 01/11/2021, 13:04 WIB

KOMPAS.com - Hari Vegan Sedunia diperingati pada 1 November setiap tahunnya. Vegan merupakan sebutan untuk orang yang menerapkan gaya hidup menghindari konsumsi daging hewan dan olahannya, seperti susu, keju, mayonais, dan sebagainya.

Melansir Time, istilah vegan sudah dikenal mulai 1994, tepatnya saat perayaan Vegan Society ke-50.

Jauh sebelum istilah tersebut dikenal luas pada 1994, istilah vegan sebenarnya mulai dikenal pada 500 SM sebagai gaya hidup manusia yang tidak mengonsumsi daging.

Pada 500 SM, Yunani Pythagoras dari Samos mengenalkan konsep kebajikan menghindari konsumsi daging untuk semua spesies, termasuk manusia.

Konsep yang dikenalkan Pythagoras kemudian sejalan dengan para Buddhisme, Hinduisme, dan Jainisme yang menganjurkan vegetarianisme, sebuah gaya hidup yang percaya bahwa manusia tidak boleh menimbulkan rasa sakit pada hewan lain.

Meski menganut konsep kebajikan untuk melindungi hewan dengan tidak mengonsumsi dagingnya, konsep vegetarianisme masih diperbolehkan mengonsumsi olahan hewan, seperti susu dan telur.

Seorang tukang kayu di Inggris bernama Donald Watson akhirnya memunculkan istilah baru untuk seseorang yang sama sekali tidak mengonsumsi daging hewan dan olahannya, yaitu "vegan".

Watson mengklaim bahwa gaya hidup vegan dapat melindungi manusia dari makanan tercemar. Hal itu ditunjukkan dari penemuan penyakit tuberkolosis sebesar 40 persen pada sapi perah di inggris.

Setelah berhasil menciptakan istilah vegan, Watson mengeluarkan penjelasan formal tentang bagaimana vegan harus diucapkan, yakni Veegan, bukan Veejan.

Baca juga:

Salah satu manfaat jagung adalah tinggi protein, jika dibandingkan dengan sayur-sayuran lain. Untuk itu, jagung bisa menjadi alternatif sumber protein yang baik bagi pelaku vegetarian dan vegan.PEXELS/BULBFISH Salah satu manfaat jagung adalah tinggi protein, jika dibandingkan dengan sayur-sayuran lain. Untuk itu, jagung bisa menjadi alternatif sumber protein yang baik bagi pelaku vegetarian dan vegan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.