Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barista di Kota Malang Racik Kopi Espreso Apple Pie

Kompas.com - 04/11/2021, 14:32 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Kompetisi meracik kopi nasional, Barista Innovation Challenge (BIC), kembali digelar tahun ini.

Baca juga: Kompetisi Meracik Kopi Bertajuk Barista Innovation Challenge Kembali Digelar

Rangkaian kompetisi BIC 2021 yang diselenggarakan oleh Rasa Group sedang berlangsung. Sampai sejauh ini, pelaku industri kopi di Indonesia dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti BIC 2021 sampai 6 November.

Sebelumnya Rasa Group juga mengadakan kompetisi serupa pada 2020. Salah satu pemenangnya, tepatnya juara ketiga, bernama Khoirul Umam.

Umam, begitu panggilan Khoirul Umam, adalah seorang barista sekaligus pemilik kafe di Kota Malang bernama Baratimur.

BIC 2020 merupakan kompetisi kopi pertama yang Umam ikuti. Kopi espreso rasa apple pie membawanya menjadi juara ketiga BIC 2020. Seperti apa rasa kopi tersebut?

Baca juga:

Khoirul Umam, barista dan pemilik Baratimur Kopi pemenang ketiga BIC 2020. Umam meracik kopi espreso apple pie yang membawanya jadi pemenang BIC 2020. KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Khoirul Umam, barista dan pemilik Baratimur Kopi pemenang ketiga BIC 2020. Umam meracik kopi espreso apple pie yang membawanya jadi pemenang BIC 2020.

Kopi rasa apple pie

Good Morning Coltraine, begitu sebutan kopi buatan Umam yang berhasil membawanya menjadi juara 3 Barista Innovation Challenge 2020.

Ketika ditemui Kompas.com pada Sabtu (6/2/2021), Umam menyampaikan bahwa kopi buatannya adalah deconstructed apple cinnamon atau sederhananya apple pie dalam bentuk kopi.

Umam menunjukkan proses membuat kopi apple pie tersebut. Ia memadukan espreso dengan berbagai bahan yang menghasilkan kopi bercita rasa manis.

Umam membuat Good Morning Coltraine menggunakan botol nitrogen. Espreso, apel, susu, dan sirup ia masukkan ke dalam botol nitro.

Flores Mbohang, biji kopi yang dipakai Umam. Menurutnya, rasa kopi ini manis. Ia padukan dengan irisan apel yang dibakar menggunakan torch.

Irisan apel yang dibakar membuatnya mudah terekstraksi dan menghasilkan rasa karamel yang lembut.

Good Morning Coltraine, kopi espreso apple pie racikan barista Kota Malang.KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Good Morning Coltraine, kopi espreso apple pie racikan barista Kota Malang.

Susu almond, heavy cream, sirup butterscotch, dan sirup kayu manis pun Umam padukan dengan espreso dan irisan apel.

Selanjutnya, kopi dituang dalam gelas. Sebagian pinggiran gelas diberi irisan kacang mete. Kopi apple pie disajikan dengan krim dan bubble yang disebut Orange Juice Spheres.

Istimewanya, bubble buatan Umam terdiri dari jus jeruk mandarin dan sirup peach ini akan meletus saat dinikmati.

Cara menikmati kopi apple pie pun tidak sembarangan, terdapat langkah-langkah tersendiri.

Pertama, minum kopi dari pinggiran gelas yang tidak diberi kacang mete. Kedua, baru minum dari bagian yang ada kacang mete.

Selanjutnya, nikmati bersama dengan krim. Barulah, masukkan bubble ke dalam mulut dan letuskan ketika kopi sudah masuk ke mulut.

Menurut Umam, langkah tersebut menghasilkan rasa kopi yang berbeda-beda.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com