Kompas.com - 25/10/2021, 11:03 WIB
Ilustrasi biji kopi di dalam karung goni. SHUTTERSTOCK/MEENZFOTOIlustrasi biji kopi di dalam karung goni.

KOMPAS.com - Kontes Kopi Spesialti Indonesia 2021 (KKSI) mengumumkan kopi terbaik Indonesia.

Juara pertama KKSI 2021 untuk jenis kopi robusta disabet oleh Martina Rinasih asal Jambu Semarang Jawa tengah dengan penilaian 88,63 poin.

Sementara jenis kopi Arabica Natural juara pertama diraih oleh Sabardi dari Ulunowih Gayo Coffe asal Bandar Bener Meriah Aceh dengan penilaian 89,25 poin.

Jenis kopi Arabica Washed juara pertama diraih oleh Yanto asal Gunung Tujuh, Kerinci Jambi dengan poin penilaian 89,83.

Baca juga:

"KKSI bertujuan untuk mendorong gairah para petani (produsen kopi) menghasilkan kopi-kopi yang berkualitas lebih baik sehingga harga kopi dapat terdorong meningkat," kata Pranoto Soenarto, ketua panitia KKSI XIII dikutip dari Antaranews.com, Sabtu (23/10/2021). 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KKSI pertama dihelat pada tahun 2008 oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) bersama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) dan disponsori oleh Kapal Api Grup.

Babak final KKSI diselenggarakan pada 21-22 Oktober 2021 telah memasuki tahun ke 13. Sama seperti tahun lalu KKSI 2021 kembali diselenggarakan secara virtual akibat pandemi COVID-19.

Menyimpang biji kopi dalam wadah kedap udara dan tak tembus pandang dapat membantu menjaga kesegaran kopi selama disimpan di rumah.Unsplash/Nadia Valko Menyimpang biji kopi dalam wadah kedap udara dan tak tembus pandang dapat membantu menjaga kesegaran kopi selama disimpan di rumah.

Salah satu pendorong keunggulan kopi-kopi di Indonesia disebutkan karena memiliki karakteristik tata ruang tempat tanam kopi yang berbeda-beda.

Selain itu, cara proses kopi dari satu daerah dengan daerah lain memiliki kekhasan masing-masing. 

Baca juga:

Pada kontes kopi spesialti tahun ini, ada 482 peserta. Dewan juri yang terlibat di antaranya adalah adalah Yusianto, Cahya Ismayadi, Dwi Nugroho dari Puslit Kopi dan Kakao Jember, Pranoto Soenarto, M. Fauzan (Q Grader) dan Eka Pramudita (Q Grader) dari AEKI, Shunta Baba (Jepang), Mirella Chielek (Jerman), Johann Paul (Belanda), Kazuya Ujimori (Singapura) serta Paulina Kwarek (Polandia).

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.