Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Khasiat Konsumsi Buah Duwet untuk Tubuh, Jaga Kesehatan Jantung

Kompas.com - 28/06/2021, 18:04 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Buah duwet atau jamblang merupakan salah satu jenis buah tropika yang memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh.

Menurut peneliti dari Pusat Kajian Hortikultura Tropika Institut Pertanian Bogor (IPB) bernama Sobir, buah duwet diketahui punya banyak kandungan nutrisi yang berkhasiat baik untuk tubuh.

“Paling banyak diketahui punya efek hypoglikemik (baik buah maupun biji). Sebagai buah banyak mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan,” jelas Sobir pada Kompas.com, Kamis (24/6/2021).

Baca juga: Apa Itu Buah Jamblang? Buah Langka Masih Satu Keluarga dengan Jambu

Dikutip dari buku “Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Herbal Berkhasiat Obat + 60 Resep Menu Kesehatan” (2014) karya Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB & Gagas Ulung terbitan PT. Gramedia Pustaka Utama, buah duwet memiliki banyak kandungan nutrisi yang cukup penting dan bermanfaat.

Di antaranya adalah antosianin, asam elagat, quercetin, rutin, carotenoid, glukosida, kanferol, miresetin, alkaloid, dan jambosina.

Tak itu saja, duwet juga kaya akan vitamin C, protein dan kalsium, garam mineral, dan polifenol yang sangat tinggi.

Ilustrasi buah duwet/jamblang beserta daunnya yang berkhasiat untuk kesehatan.Shutterstock/Dipak Shelare Ilustrasi buah duwet/jamblang beserta daunnya yang berkhasiat untuk kesehatan.

Khasiat untuk tubuh

Dikutip dari buku "Fakta Ilmiah Buah dan Sayur" (2013) karya dr. Setiawan Dalimartha dan dr. Felix Adrian teritan Penebar+, daging buah duwet juga berkhasiat untuk melumas organ paru, meredakan batuk, hingga peluruh kecing (diuretik).

Termasuk juga meluruhkan kentut (karminatif), memperbaiki gangguan pencernaan, merangsang keluarnya air liur, dan menurunkan kadar glukosa darah (hipoglikemik) untuk penyakit diabetes.

Daging buahnya bisa digunakan untuk membantu pengobatan diabetes melitusm batuk kronis, sesak napas (asma), batuk rejan, batuk pada TB paru yang disertai nyeri dada, nyeri lambung, dan diare.

Dikutip dari India.com, berikut ini beberapa khasiat buah duwet untuk tubuh:

Baca juga: Ciri Buah Jamblang dan Lokasi Tumbuhnya, Kian Sulit Ditemui

1. Meningkatkan hemoglobin

Buah duwet memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang sangat tinggi, sehingga bisa meningkatkan hemoglobin dalam darah.

Hemoglobin yang tinggi artinya, darah akan bisa membawa lebih banyak oksigen ke organ-organ tubuh dan menjagamu tetap sehat.

2. Membantu menangani jerawat

Buah duwet juga bisa menjaga kulitmu bebas jerawat, segar, dan juga bersih.

3. Menjaga kesehatan kulit dan mata

Selain zat besi dan vitamin C, buah duwet juga mengandung vitamin A yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan mata.

Baca juga: Bagaimana Rasa Buah Duwet atau Jamblang yang Kian Langka?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com