Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Buah Jamblang? Buah Langka Masih Satu Keluarga dengan Jambu

Kompas.com - 27/06/2021, 15:16 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pernahkah mendengar buah yang bernama jamblang atau duwet? Buah yang kian langka ini memiliki bentuk menyerupai buah anggur. Namun, jamblang merupakan bagian dari keluarga jambu air.

Menurut peneliti dari Pusat Kajian Hortikultura Tropika Institut Pertanian Bogor (IPB) bernama Sobir, jamblang atau duwet ini juga dikenal dengan nama Java Plum.

“Nama latin Syzygium cumini, dengan sinonim Eugenia cumini (L.) Druce, Eugenia jambolana Lam. Syzygium jambolanum. Dari keluarga Myrtaceae (sekeluarga dengan jambu air),” jelas Sobir pada Kompas.com, Kamis (24/6/2021).

Baca juga: 22 Jenis Jambu Air di Indonesia, dari Cincalo sampai Jambu Citra

Jamblang umumnya bisa ditemui di Asia tropis dan juga wilayah Australia.

Pohonnya juga tersebar di wilayah India, Sri Lanka, Malaysia, Myanmar, Filipina, dan Thailand.

Nama lain jamblang

Buah jamblang dikenal dengan banyak nama di daerah yang berbeda. Bahasa Indonesia buah ini adalah jambu juwat, jiwat, dan jiwat padi.

Ilustrasi buah duwet dengan bagian daging sedikit berserat dan biji yang besar. Bijinya bisa juga dikonsumsi sebagai obat.Shutterstock/SOMMAI Ilustrasi buah duwet dengan bagian daging sedikit berserat dan biji yang besar. Bijinya bisa juga dikonsumsi sebagai obat.

Sementara nama-nama lokal yang cukup dikenal di antaranya adalah jambee kleng di Aceh, jambu kling dan nunang di Gayo, jambu koliong di Riau, dan jambu kalang di Minangkabau.

Kemudian di daerah Sulawesi Utara buah ini dikenal dengan nama jambulang, jambulan, jombulan, dan jumblang.

Masyarakat Flores mengenalnya dengan nama jambu kalang. Sementara nama yang digunakan di Ternate adalah jambula.

Beda lagi di Madura, buah ini disebut dhuwak atau dhalas. Buah duwe jadi sebutan di Bima, dan rappo-rappo digunakan oleh masyarakat Selayar.

Baca juga: 5 Cara Pilih Jambu yang Matang dan Manis dari Pakarnya

Salah satu sebutan yang populer, jamblang sendiri berawal dari sebutan masyarakat Betawi dan Sunda. Sementara sebutan duwet digunakan di Jawa.

“Nama internasionalnya Malabar plum, Java plum, Black plum, jamun, atau jambolan,” imbuh Sobir.

Kapan musim buah duwet?

Seperti dikutip dari buku “Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Herbal Berkhasiat Obat + 60 Resep Menu Kesehatan” (2014) karya Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB & Gagas Ulung terbitan PT. Gramedia Pustaka Utama, jamblang memiliki ukuran sekitar 1 – 2,5 sentimeter.

Ilustrasi buah duwet ketika masih berada di pohon, awalnya buah berwarna kehijauan saat belum matang dan akan berubah jadi merah tua ketika sudah matang.Shutterstock/Tasha Oxviara Yunantias Ilustrasi buah duwet ketika masih berada di pohon, awalnya buah berwarna kehijauan saat belum matang dan akan berubah jadi merah tua ketika sudah matang.

Buahnya berwarna hijau saat pertama kali muncul, lalu berubah perlahan menjadi merah muda, dan akhirnya ungu kehitaman saat matang.

Karena termasuk buah tropika, maka jamblang biasa berbuah sekitar tiga sampai empat bulan sejak awal musim hujan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com