Kompas.com - 18/06/2021, 08:27 WIB
Ilustrasi jambu air Shutterstock/MilletStudioIlustrasi jambu air

KOMPAS.com – Jambu air (Syzygium Aqueum) merupakan salah satu jenis jambu yang umum ditemukan dan dibudidayakan di Indonesia.

Hampir semua jenis jambu air biasanya memiliki buah dengan bentuk pangkal yang kecil dan bagian bawahnya melebar.

Namun ada juga yang berbentuk unik seperti bulat atau lonjong. Warna kulitnya pun beragam, dari putih, hijau, hingga merah.

“Kalau yang dimaksud keluarga Syzygium wah banyak sekali,” kata Kepala Pusat Kajian Hortikultura Tropika Institut Pertanian Bogor (IPB) Awang Maharijaya pada Kompas.com, Senin (14/6/2021).

"Paling terkenal ya Jambu Citra, Jambu Deli, Jambu Cincalo, Jambu Semarang, Jambu Bol, Jambu Mawar, dan lain-lain," lanjut Awang.

Berikut ini penjabaran mengenai jenis jambu air seperti tertera dalam buku “Jambu Air Eksklusif” (2015) karya Eny Pujiastuti terbitan PT Niaga Swadaya.

Baca juga: 5 Cara Pilih Jambu yang Matang dan Manis dari Pakarnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Cincalo

Jambu cincalo memiliki arti jambu enak dan manis. Jambu tidak berbiji ini berasal dari Desa Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Kabupaten Tangerang, Banten.

Ada buah yang berwarna merah dan berwarna hijau. Cincalo merah ukurannya besar. Kadang buahnya ada yang berbiji, banyak juga yang tidak berbiji.

Sementara cincalo hijau bentuknya lebih kecil. Rasanya renyah, segar, dan manis.

2. Citra

Jambu citra punya bentuk yang besar menyerupai lonceng. Rata-rata bobotnya bisa mencapai 250 gram per buah.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X