Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi PAI UNJ Gelar Program Kuliah Tamu Internasional Kejar Target Universitas Kelas Dunia

Kompas.com - 15/05/2024, 14:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Kuliah Tamu dan Diskusi Kelompok (FGD) pada Selasa (14/5/24) di Ruang Serba Guna FIS, Jakarta.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Prof. Ahmad Karim Ifrak dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Perancis (Centre National de la Recherche Scientifique, CNRS).

Kuliah Tamu yang difasilitasi Carida Foundation 2006 ini membahas perkembangan pesat Islam di Prancis.

Prof. Ahmad Karim Ifrak, seorang pakar Islam, memaparkan berbagai aspek terkait fenomena ini, mulai dari demografi, pendidikan, hingga politik.

Andy Hadiyanto, Dosen Prodi PAI FIS UNJ, bertindak sebagai penerjemah dalam sesi ini, mengingat Prof. Ifrak menggunakan bahasa Arab dalam pemaparannya. Hal ini memungkinkan para peserta untuk mengikuti pemaparan secara lebih menyeluruh dan mendalam.

CNRS sendiri merupakan organisasi penelitian negara Perancis dan merupakan Badan Ilmu Pengetahuan Fundamental terbesar di Eropa.

Kehadiran Prof. Ifrak dari CNRS diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mendapatkan wawasan langsung dari seorang pakar ternama di bidangnya.

FGD yang diadakan setelah Kuliah Tamu memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mendiskusikan lebih lanjut tentang materi yang telah disampaikan.

Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial UNJ menyelenggarakan kuliah tamu dan FGD pada Selasa (14/5/24) di Ruang Serba Guna FIS, Jakarta.DOK. UNJ Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial UNJ menyelenggarakan kuliah tamu dan FGD pada Selasa (14/5/24) di Ruang Serba Guna FIS, Jakarta.

 

Diskusi ini dipandu oleh Syahrul Hidayat, Dekan FIS UNJ, dan diikuti oleh para dosen, mahasiswa, serta praktisi pendidikan agama Islam.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para peserta tentang perkembangan Islam di Prancis dan memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan agama Islam di Indonesia.

Direktur Carida Foundation 2006, Ida Digon memberikan apresiasi kepada Prodi Pendidikan Agama Islam FIS UNJ yang mempunyai semangat dalam meningkatkan budaya ilmiah di kalangan dosen Pendidikan Agama Islam.

"Semoga kolaborasi riset terus berlanjut tentang perkembangan Islam di Indonesia dan Eropa, Carida Foundation akan terus mensupport kegiatan ini setiap tahun, "ungkapnya.

Dekan FIS UNJ, Firdaus Wajdi turut memberi apresiasi kegiatan ini sebagai bagian dari visi UNJ mencapai Word Class University. Menurutnya program Visiting Lecture yang menghadirkan dosen tamu manca negara adalah bentuk transformasi menuju Universitas Kelas Dunia.

Baca juga: Kuliah Tamu PresUniv, Dubes Sri Lanka Angkat Tema Blue Economy

"Karena tidak hanya memberikan kuliah saja namun dilanjuti dengan riset sharing antar lembaga," ungkap Firdaus Wajdi.

Dalam kesempatan sama, Koordinator Program Studi Pendidikan Agama Islam FIS UNJ Sari Narulita menjelaskan, FGD Penelitian Kolaborasi International mengangkat tema "Islam Regional: Islam di Indonesia dan Eropa".

"Diharapkan dapat ada tindak lanjuti dengan riset sharing. Terima kasih juga kepada Carida Foundation 2006 yang telah memfasilitasi kegiatan Visiting Lecture ini," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com