Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukrida Raih Akreditasi Unggul, Kejar Target "World Class University"

Kompas.com - 25/05/2024, 17:51 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) meraih prestasi dengan mendapatkan Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang tertuang melalui Surat Keputusan No 1088/SK/BAN-PT/Ak/PT/V/2024 tertanggal 21 Mei 2024.

Sebagai informasi, saat ini terdapat 4.523 perguruan tinggi di Indonesia dengan 2.282 di antaranya adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Ukrida berhasil masuk ke dalam jajaran 96 PT terakreditasi Unggul di antaranya 52 PTS.

Untuk LL Dikti Wilayah III (DKI Jakarta) sendiri, dari 193 PTS terdapat 17 PTS yang Unggul di mana Ukrida menjadi salah satu di antaranya.

Prestasi ini menempatkan Ukrida menjadi salah satu dari 52 PTS Unggul di Indonesia dan masuk dalam 2 persen perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Proses akreditasi dan penilaian lapangan yang dilakukan asesor BAN-PT meliputi beberapa rangkaian verifikasi mulai dari visitasi, justifikasi dokumen, serta wawancara dengan semua stakeholder sivitas akademika.

Indikator akreditasi "Unggul" perguruan tinggi meliputi penilaian beberapa indikator penting, di antaranya: Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran, Tata Pamong, Kepemimpinan, dan Sistem Pengelolaan, Sumber Daya Manusia, Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik.

Selain itu turut menjadi indikator penilaian yakni: Kemahasiswaan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama/Kemitraan, Sarana dan Prasarana. 

Rektor Ukrida Prof. Herman Parung (25/5/2024) menyampaikan, akreditasi Unggul ini merupakan bukti nyata komitmen Ukrida dalam mewujudkan visinya, yaitu “Menjadi Pelaksana Tridharma perguruan tinggi yang Unggul di taraf nasional dan internasional berdasarkan nilai-nilai Kristiani”.

Prestasi ini sekaligus menjadi penegasan atas kualitas pendidikan Ukrida yang tinggi dan berstandar internasional kepada mahasiswanya.

Baca juga: PLN EPI dan Universitas Telkom Kembangkan Teknologi Blockchain

“Perolehan Akreditasi Unggul ini menjadi pengakuan bahwa Ukrida telah melampaui standar dan ketentuan yang mengacu kepada SNPT (Standar Nasional Pendidikan Tinggi), yang dalam konteks akreditasi diturunkan ke dalam berbagai kriteria penilaian mulai dari aspek input, proses sampai output," ungkapnya.

"Terkait status akreditasi," lebih lanjut menurut Prof. Herman Parung, "sangat diharapkan bahwa tahun 2024 akan ada hasil maksimal yang bisa diperoleh oleh program studi yang belum terakreditasi Unggul."

Target Universitas Berkelas Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com