Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soedjai Kartasasmita, "Begawan Perkebunan Indonesia" Raih Penghargaan Doctor Honoris Causa

Kompas.com - 29/05/2024, 11:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com – Soedjai Kartasasmita mendapatkan gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) yang diberikan Universitas Sumatera Utara (USU) pada Senin (27/05/2024).

Anugerah diberikan atas pemikiran, kiprah, dan kontribusinya yang dinilai luar biasa pada bidang perkebunan, khususnya pembangunan perkebunan di Indonesia.

Soedjai Kartasasmita dipandang telah memainkan peran penting dalam berbagai aspek perkembangan industri perkebunan.

Kepeduliannya terhadap peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) tercermin melalui program pelatihan bekerja sama dengan negara lain, bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan SDM tentang manajemen perkebunan modern.

Tidak hanya itu, Soedjai Kartasasmita juga berperan dalam menginisiasi kerja sama mempromosikan energi terbarukan dan mengedepankan inovasi penggunaan cangkang kelapa sawit sebagai bahan bakar pembangkit listrik ramah lingkungan, menjadikan industri perkebunan lebih berkelanjutan dan efisien.

Dengan jaringan yang luas baik di dalam maupun luar negeri, Soedjai menjadi pemain kunci dalam memfasilitasi kerja sama dan kolaborasi yang strategis untuk memajukan industri perkebunan di Indonesia.

Keberadaannya tidak hanya memperluas cakupan akses terhadap teknologi dan sumber daya, tetapi juga membuka pintu bagi pertukaran ide dan praktik terbaik dari berbagai negara.

Pemberian gelar kehormatan kepada Soedjai Kartasasmita juga dihadiri sejumlah direktur perusahaan perkebunan serta kolega dari dalam dan luar negeri.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani, menyampaikan, anugerah tersebut sangat layak diberikan kepada "Sang Begawan Perkebunan Indonesia".

Menurutnya, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat ini telah memberikan dedikasi dan keberhasilan dari awal karir hingga masa purna baktinya sehingga sangat patut untuk diteladani bagi planters perkebunan.

“Bapak Soedjai Kartasasmita adalah salah satu putra terbaik bangsa, beliau telah menunjukkan kepedulian yang besar terhadap pengembangan sumber daya manusia, penerapan teknologi informasi, dan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam industri perkebunan," ungkap Abdul Ghani.

"Sehingga (hal ini) menjadikannya sebagai inspirasi utama bagi generasi muda planters nusantara yang ingin berkontribusi di sektor ini,” lanjutnya usai menghadiri penganugerahan tersebut.

Pada kesempatan sama, Menteri Pertanian periode 2000-2004 Bungaran Saragih, menyatakan Soedjai Kartasasmita merupakan perintis di bidang perkebunan.

“Sukses sawit kita ini disebabkan oleh sumber daya alam, SDM, manajemen, dan leadership yang bagus, dan salah satu pemain utamanya adalah beliau,” ungkapnya.

Dia menilai, pemberian penganugerahan Doktor Kehormatan yang diberikan Universitas Sumatera Utara adalah hal yang tepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com