Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HEPI Dorong Asesmen Diagnostik Berpusat Siswa untuk Tingkatkan Capaian Belajar

Kompas.com - 01/12/2023, 17:12 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) menyelenggarakan International Conference on Educational Research and Evaluation (ICERE) ke-3 di UNJ, Jakarta pada 18-19 November 2023.

Mitra HEPI, Australian Council for Educational Research (ACER) Indonesia  menghadirkan Jarrod Hingston, Direktur Asesmen Pendidikan ACER dari Melbourne, Australia menjadi salah satu pembicara bersama Ketua Umum HEPI Bahrul Hayat yang juga Wakil Rektor UIII.

Asesmen telah lama menjadi fokus ACER dengan basis portfolio riset yang telah dilakukan di berbagai belahan dunia. Topik yang diangkat dalam konferensi merefleksikan pendekatan ACER dalam asesmen yaitu melalui kerangka capaian belajar progresif (learning progression).

Jarrod menjelaskan ACER membasiskan pengukuran pendidikannya kepada hasil riset dan bukti agar mampu mengindentifikasi dengan tepat apa saja capaian murid sejak awal hingga sepanjang jalan pembelajaran.

Menurut Jarrod, tingkat capaian dalam asesmen diagnostik ACER bukan dibagi ke dalam kelas ataupun umur murid, namun ke dalam suatu tingkat pencapaian keahlian yang lebih luas. 

Hal ini memungkinkan guru melakukan deteksi dini posisi capaian murid terhadap standar yang diwajibkan kurikulum nasional untuk mengetahui apa saja area pembelajaran yang telah dan yang belum dikuasai oleh tiap murid.

“Kami percaya amatlah penting bagi murid untuk mampu melihat progress dirinya sendiri, dalam banyak kesempatan, fokus lebih diberikan kepada defisit dan bukan kepada kesuksesan capaian pembelajaran,” jelas Jarrod.

Menurutnya hal ini tidak hanya berlaku di sekolah tapi juga di lingkungan kerja dan kehidupan pada umumnya, di mana setiap orang akan ingin mengetahui bahwa dirinya mengalami kemajuan serta peningkatan.

Memberikan pemahaman kepada murid mengenai hal yang mereka perlu dalami dalam pembelajarannya adalah suatu upaya humanistik sederhana yang bisa guru dan sekolah berikan kepada murid.

Baca juga: Membangun Growth Mindset Lewat Asesmen Pembelajaran

 

Hal ini menjadi contoh nyata dari realisasi ide pemberdayaan murid sebagai agen untuk dirinya sendiri, di mana murid diharapkan untuk lebih terlibat serta mampu memberikan masukannya dalam proses pengambilan keputusan mengenai perjalanan belajarnya.

Asesmen berpusat pada siswa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com