Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda 1.054 Lulusan, Rektor UMHT Harapkan Wisudawan Jadi Agen Perubahan

Kompas.com - 01/12/2023, 12:40 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas MH Thamrin (UMHT) menggelar upacara wisuda tahun akademik 2022/2023 bagi 1.054 lulusan pada Kamis, 30 November 2023, di Krakatau Ballroom, TMII, Jakarta.

Lulusan UMHT tahun ini terdiri atas:

  • 598 orang dari 11 prodi Fakultas Kesehatan
  • 301 orang dari 2 prodi Fakultas Ekonomi
  • 102 orang dari 2 prodi Fakultas Komputer
  • 53 orang dari 3 prodi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Seremoni wisuda 2023 UMHT dibagi atas dua sesi, sesi pagi wisuda ditujukan bagi lulusan Fakultas Kesehatan. Sementara, sesi siang ditujukan bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, FKIP, Komputer dan ada juga dari Kesehatan. 

“Atas nama sivitas akademika UMHT saya ucapkan selamat atas keberhasilan studi anda, sehingga pada pagi hari ini anda diwisuda, suatu ritual akademik yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi wisudawan semua," ungkap Rektor UMHT Daeng Muhammad Faqih.

Daeng Faqih juga menyampaikan, UMHT telah membekali para lulusan dengan kemampuan vokasional, akademik dan profesional yang cukup untuk mengabdikan diri bagi bangsa dan negara Indonesia.

Rektor Universitas MH Thamrin, Daeng Muhammad Faqih menyatakan sebagai institusi pendidikan, pihaknya akan selalu memberikan yang terbaik bagi negara ini.

"Caranya, dengan meluluskan mahasiswa sesuai dengan visi misi UMHT. Yaitu, lulusan yang memiliki kompetensi, kualitas, berwawasan wirausaha, mandiri, dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional," tegas Daeng Faqih.

Orasi ilmiah dua pakar

Baca juga: Gelar Wisuda Ke-78, Rektor UMJ: Kejujuran, Integritas, dan Moralitas Jadi Modal Wisudawan

Daeng Faqih menjelaskan pada acara wisuda kali ini, ada hal berbeda dengan kehadiran dua pakar dari bidang berbeda memberikan orasi ilmiah. "Untuk sesi satu, yang berbicara adalah Prof. Fahmi Idris dan sesi kedua adalah Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron," jelas Rektor UMHT.

Ia menyatakan kehadiran kedua sosok itu bukan lah tanpa alasan melainkan bagian dari upaya meneguhkan visi misi UMHT.

"Prof. Fahmi Idris karena kita memiliki Fakultas Kesehatan, dan beliau (memiliki) wacana terkait digitalisasi layanan kesehatan,” kata Daeng Faqih.

Sementara itu, Wakil Ketua Nurul Ghufron menyampaikan, alumni universitas adalah bagian dari sumber daya manusia yang menjadi harapan bangsa.

Dia memaparkan, ada tiga harapan masyarakat terhadap sumber daya manusia dan universitas. Pertama, pengetahuan dan kedua skill atau kompetensi.

"Dan yang paling utama adalah integritas karena integritas itu akan memberikan warna dan nilai dari urgensi dari sumber daya manusia itu. Skill dan juga knowledge itu akan berarti jika berintegritas," tegasnya,

"Sebaliknya kalau skill dan knowledge tanpa integritas, maka sebaliknya akan mengancam,” tambahnya.

“Oleh karena itu saya menitip kepada Universitas Muhammad Husni Thamrin perlu juga menitipkan dan memberikan muatan dalam kurikulum, adalah knowledge skill dan yang utama adalah integritas," pesannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com