Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Ini Hubungan Asesmen Nasional dan Rapor Pendidikan

Kompas.com - 25/09/2023, 12:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berupaya mendorong adanya transformasi pendidikan.

Salah satunya dengan adanya kebijakan Asesmen Nasional (AN) dan Rapor Pendidikan. Asesmen Nasional ini untuk menggantikan Ujian Nasional (UN) yang resmi dihapus pada 2021.

Lantas, apakah ada hubungan Asesmen Nasional dan Rapor Pendidikan? Tentu, keduanya saling berhubungan.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemendikbudristek, Anindito Aditomo memberikan penjelasan.

Baca juga: 12 Tata Tertib Peserta Asesmen Nasional 2023

Hubungan Asesmen Nasional dan Rapor Pendidikan

Asesmen Nasional (AN) dapat memotret kualitas hasil belajar, proses, serta lingkungan belajar sebagai refleksi kondisi mutu layanan pendidikan.

AN juga mengukur instrumen kunci seperti Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar), dan Survei Karakter untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah. pendidikan dan pemerintah daerah.

"Ketiga instrumen tersebut menjadi kompetensi dasar untuk mendorong pembelajar sepanjang hayat, berkontribusi pada masyarakat, serta mendukung tumbuh kembang peserta didik secara utuh," ujarnya dalam Perilisan Rapor Pendidikan Indonesia, di Kantor Kemendikbud Ristek, Senin (25/9/2023).

Sedangkan Rapor Pendidikan adalah platform yang mengintegrasikan berbagai data pendidikan, terutama data AN, sehingga menjadi alat ukur komprehensif yang menyajikan kondisi pendidikan Indonesia guna mendorong refleksi dan perbaikan mutu pendidikan.

Jadi, hasil AN ditampilkan dalam Rapor Pendidikan bersama hasil evaluasi lain dari berbagai sumber.

"Melalui Rapor Pendidikan, data pendidikan tiap satuan pendidikan dan daerah dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan termasuk kepala sekolah, guru, dan pemerintah daerah untuk membuat perencanaan yang sesuai kebutuhan dan melakukan pembenahan pembelajaran yang tepat sasaran," terangnya.

Baca juga: Siapa Saja Peserta Asesmen Nasional 2023? Ini Penjelasan Lengkapnya

Dengan adanya platform ini, nantinya pemda dan satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan berbasis data, sehingga pembenahan dapat dilakukan semakin tepat sasaran dan berorientasi pada kebutuhan pembelajaran murid.

Dijelaskan bahwa Rapor Pendidikan merupakan wadah yang menampilkan data-data
pendidikan hasil Asesmen Nasional dan evaluasi lain dari berbagai sumber.

Sumber data Rapor Pendidikan antara lain:

  • Asesmen Nasional (AN)
  • Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
  • Badan Pusat Statistik (BPS)
  • Data aplikasi guru dan tenaga kependidikan
  • Aplikasi pengelolaan anggaran sekolah (ARKAS)
  • Tracer Study SMK

Sedangkan Rapor Pendidikan ada dua platform, yaitu:

  • Rapor Pendidikan Satuan Pendidikan
  • Rapor Pendidikan Pemerintah Daerah

Tentu keduanya menampilkan data pendidikan tiap satuan pendidikan dan daerah yang dapat diakses oleh kepala sekolah, guru, dan pemerintah daerah untuk membuat perencanaan yang sesuai kebutuhan dan melakukan perbaikan pembelajaran yang tepat sasaran.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com