Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRIN Kenalkan Iptek pada Siswa SMAN 1 Pontianak

Kompas.com - 17/09/2023, 09:43 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber BRIN

KOMPAS.com - Siswa dan siswi SMAN 1 Pontianak melakukan kunjungan ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Pontianak, Jumat (8/9/2023).

Tujuannya untuk mengenal lebih dekat tentang BRIN yang ada di Kota Pontianak, serta untuk menimba ilmu Sains Antariksa yang belum pernah didapatkan di bangku sekolah.

Tak hanya itu saja, dari kunjungan ini juga menjadi upaya BRIN untuk mengenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) pada generasi muda.

Pada kesempatan itu, Pelaksana fungsi layanan Humas BRIN Kawasan Pontianak Miswari menjelaskan mengenai latar belakang berdirinya BRIN sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021.

Baca juga: BRIN-FK UB Jajaki Peluang Kolaborasi, Fokus Riset Pengembangan Tanaman

Yakni tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional, dengan mengintegrasikan 5 Lembaga Pemerintah nonkementerian (LPNK) yakni:

1. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan)

2. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

3. Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan)

4. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

5. Kementerian Riset dan Teknologi

"BRIN mempunyai tugas membantu presiden dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan dibidang penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan serta invensi dan inovasi yang terintegrasi, dimana pada 28 April 2023 telah genap berusia 2 tahun," terangnya, dilansir dari laman PPID BRIN.

Dijelaskan, selama dua tahun BRIN telah menghasilkan berbagai macam inovasi baik dibidang riset maupun manajemen inovasinya. BRIN telah bertranformasi untuk terus melakukan perbaikan di berbagai aspek dan lini organisasi melalui penyesuaian tugas dan fungsi.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Fort De Kock Belajar Buat Obat Tradisional di BRIN

Mulai dari pengembangan sistem informasi teknologi, peningkatan kualitas SDM, hingga pembangunan infrastrutur riset terbuka dan terintegrasi telah dilakukan BRIN untuk kualitas riset dan inovasi di Indonesia.

Sementara Hadi Rasidi, Sub Koordinator Pusat Data dan Informasi BRIN Pontianak menyampaikan materi mengenai peralatan Sains Antariksa dan Atmosfer.

Dikatakan, antariksa sebagai bagian alam semesta yang berada di luar atmosfer bumi. Salah satu peralatan Antariksa yang ada di BRIN Pontianak adalah peralatan CADI (Canidian Advenced Digital Ionosonde) dimana peralatan ini berfungsi untuk mengukur lapisan ionosfer berupa parameter data ionogram.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com