Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Wisuda Ke-78, Rektor UMJ: Kejujuran, Integritas, dan Moralitas Jadi Modal Wisudawan

Kompas.com - 28/11/2023, 18:49 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Bertepatan dengan milad atau dies natalis ke-68, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar wisuda ke-78 pada 21-22 November 2023 di Auditorium KH. Ahmad Azhari Basyir, Gedung Cendekia UMJ, Jakarta.

Total wisudawan dalam wisuda UNJ tahun 2023 ini sebanyak 2.030 orang, terdiri dari empat orang lulusan Program Doktor, Magister 215 orang, Sarjana Strata Satu 1.804, dan Program Diploma Tiga tujuh orang.

Wisuda kali ini dilangsungkan selama dua hari, dengan sesi pertama untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Hukum. Sesi kedua untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). dan Fakultas Teknik.

Total hari pertama UMJ mengukuhkan 1.028 orang wisudawan, kemudian di hari kedua berlangsung wisud untuk Fakultas Pertanian (FTan), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK), dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

Sesi kedua digelar untuk Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dan Sekolah Pascasarjana (SPS), dengan total wisudawan 1.002 orang wisudawan.

Wisudawan terbaik diraih Muhammad Mahmudi dari Program Studi Magister Hukum Fakultas Hukum dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.0.

Rektor UMJ Prof. Ma'mun Murod dalam sambutan menyampaikan, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bukan tolak ukur, tetapi kejujuran, integritas, dan moralitas adalah modal utama bagi para wisudawan.

"Sebagian para wisudawan berkisar di usia 22-23 tahun. Tentu dalam proses sudah ada yang jadi, setengah jadi, bahkan belum. Kita (orangtua) harus mengerti bagian dari proses itu," ungkap Prof. Ma'mun.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Badan Pembina Harian (BPH) UMJ H. Nandi Rahman menyampaikan, gelaran pertama wisuda di kampus pascapandemi perlu disambut dengan gembira.

Nandi juga berpesan agar wisudawan dapat menerapkan ilmunya di masyarakat. "Banyak kampus memilih menggelar wisuda di luar kampusnya. Kita harus mengungkapkan bangga dan rasa gembira, UMJ layak menyelenggarakan wisuda di kampus," jelas Nandi.

Baca juga: UT Wisuda 2.100 Lulusan, Wali Kota Madiun dan Tina Toon Jadi Inspirasi Pembelajar Tangguh

Hal senada disampaikan anggota Ikatan Alumni (Ikalum) UMJ Ahmad Kamil. Ia berpesan seremoni wisuda bukan akhir dari proses merlainkan justru sebuah awal dari proses kehidupan.

"Saat ini sudah mencapai proses akhir perkuliahan, ambil istirahat sejenak dan atur kembali nafas kalian, kami dari Ikalum akan berupaya membantu dalm proses kalian selanjutnya," ungkap Ahmad Kamil.

Penggalangan donasi bagi Palestina

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com