Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 8 Persiapan Kuliah bagi Mahasiswa Baru

Kompas.com - 05/06/2023, 10:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) saat ini masih berlangsung.

Selanjutnya, para calon mahasiswa baru ini akan segera memulai perkuliahan di tahun ajaran baru 2023/2024. Memasuki dunia perkuliahan menuntut mahasiswa harus belajar lebih mandiri lagi dibanding saat menjadi pelajar SMA.

Agar lebih siap di dunia perkuliahan nanti, ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan perlu diingat para mahasiswa baru.

Melansir laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Minggu (4/6/2023) berikut persiapan kuliah yang perlu dilakukan mahasiswa baru.

Baca juga: Beasiswa IISMA 2023 Skema Co-funding Dibuka 10 Juni

Persiapan kuliah bagi mahasiswa baru

1. Pilih kos dekat kampus

Bagi mahasiswa rantau, sebelum memasuki perkuliahan lebih baik mencari kos-kosan yang tidak terlalu jauh dengan kampus.

Pasalnya, mahasiswa rantau tentu belum familiar dengan jalan maupun jalur transportasi umum. Sehingga lebih baik mencari kos-kosan atau rumah kontrakan yang tidak terlalu jauh dengan kampus.

Selain itu, pastikan kosmu dekat dengan fasilitas-fasilitas penting seperti tempat makan, supermarket, transportasi umum, dan lain-lain sebagainya.

Setelah mendapatkan kos-kosan, jangan lupa untuk masuk ke dalam grup komunikasi penghuni kos lainnya jika ada. Grup tersebut dapat berguna jika ada keadaan darurat atau keperluan lainnya, dan selalu mendapatkan informasi terkini terkait kos.

2. Belajar memasak

Bagi mahasiswa baru yang tinggal di kos-kosan atau rumah kontrakan dan ada fasilitas untuk memasak atau dapur umum, kamu bisa mulai belajar memasak. Hal ini bisa menjadi langkah agar menghemat uang makan.

Belajarlah beberapa resep makanan sederhana supaya kamu tidak bosan makan makanan yang sama setiap harinya.

Baca juga: Ini 5 Klaster KIP Kuliah 2023, Bisa untuk Daftar PTS

3. Buka tabungan dan belajar menabung

Meski masih mendapatkan uang saku dari orangtua, sebagai mahasiswa baru tidak ada salahnya untuk memulai membuka tabungan dan mengelola keuangan lebih baik lagi.

Penting sekali bagi mahasiswa untuk melakukan budgeting agar tidak belanja secara berlebihan. Kamu bisa menggunakan satu tabungan khusus untuk keperluan kampus dan pribadimu, dan satu tabungan lagi khusus untuk menabung saja.

4. Eksplor situs kampus

Situs kampus saat ini sudah sangat lengkap. Khususnya mengenai fasilitas yang ada di kampus hingga organisasi yang ada.

5. Persiapkan peralatan kuliah sesuai jurusan

Sebelum memasuki perkuliahan, lebih baik mahasiswa baru mempersiapkan peralatan perkuliahan. Misal kamu mahasiswa baru jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), persiapkan tablet, pensil, dan buku gambar.

Kamu bisa bertanya kepada senior atau mencari tahu di internet peralatan apa saja yang kira-kira akan diperlukan selama kuliah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com