Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKJ Gelar "CiFFest 2021" Berbagi Semangat Inovasi Fesyen di Era Normal Baru

Kompas.com - 29/10/2021, 22:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi tidak menjadi mengurangi semangat dunia fesyen Indonesia untuk terus bergerak dan berinovasi dalam kondisi apapun, termasuk dalam menghadapi pandemi global Covid-19.

Semangat dan inspirasi inilah yang coba ditularkan dalam Cikini Fashion Festival atau CiFFest merupakan acara tahunan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta dan berlangsung 29-30 Oktober 2021.

Secara khusus, CiFFest tahun ini mengangkat tajuk “Fashion Movement on a New Normal”, isu global pandemi Covid 19 yang berdampak besar merubah tatanan hidup masyarakat dari berbagai sektor, termasuk dunia fesyen.

"Meski dua tahun ini dalam keadaan pandemi tetapi CiFFest terus ada. Tentu saja tidak mengurangi mutu dari kegiatan ini," ungkap Rektor IKJ Indah Tjahja Wulan dalam pembukaan acara (29/10/2021).

"Justru, dalam situasi sekarang kegiatan ini menjadi penting karena menjadi momen untuk membicarakan bagaimana kita dapat menyelesaikan berbagai masalah fesyen dalam situasi ini," ungkap Indah.

Rektor IKJ juga menyampaikan CiFFest menjadi momen penting bagi industri dan dunia pendidikan untuk dapat berkolaborasi dalam menemukan inovasi-inovasi yang menembus batas mengatasi keterbatasan yang ada sebagai dampak Covid-19.

"Tema CiFFest tahun ini menjadi sangat tepat, menjadi semangat supaya kita terus bergerak dalam situasi apapun," tegas Rektor IKJ.

Baca juga: Dorong Pemajuan Kebudayaan, FSR IKJ Gelar Seminar Pusaran Urban

Gerakan fesyen di era normal baru

Dalam kesempatan sama, Anindiyo Widito, Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain, menjelaskan isu “Fashion Movement on a New Normal” dan Sustainable Fashion 2021 menjadi sangat menarik dan kontekstual dengan masa pandemi yang memaksa dunia fesyen menyesuaikan diri dan harus berubah.

"Kegiatan Cikini Fashion Festival 2021 mengajak generasi muda bersama memotivasi diri terus semangat melakukan perubahan dan mengembangkan kreativitas fashion melalui tema Fashion Movement On a New Normal,” ujar Anindiyo.

Tema ini diangkat untuk memberikan motivasi dan ide-ide baru dalam proses berkreativitas membangun ekosistem baru fesyen di era normal batu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com