Kompas.com - 29/10/2021, 21:03 WIB
Selain budayawan, aktor film, sutradara, dan seniman, dalam Pekan Kebudayaan Nasional atau PKN 2021, sederetan musisi band, penyanyi ternama akan tampil dalam kegiatan akbar tahunan tersebut. DOK. DITJEN KEBUDAYAANSelain budayawan, aktor film, sutradara, dan seniman, dalam Pekan Kebudayaan Nasional atau PKN 2021, sederetan musisi band, penyanyi ternama akan tampil dalam kegiatan akbar tahunan tersebut.

KOMPAS.com - Selain budayawan, aktor film, sutradara, dan seniman, dalam Pekan Kebudayaan Nasional atau PKN 2021, sederetan musisi band, penyanyi ternama akan tampil dalam kegiatan akbar tahunan tersebut.

Group band Slank, Reza Artamevia, Titi DJ, Godbless, Fourtwnty, Ndah n Rhesa, Kikan, juga akan memberikan kejutan dalam kegiatan PKN 2021 yang dilaksanakan secara daring di masa pandemi saat ini.

Artis-artis papan atas ini berkolaborasi dengan seniman-seniman lokal mengangkat budaya nusantara.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menjelaskan, berbagai kegiatan telah dipersiapkan untuk memeriahkan PKN 2021, yang dimulai 19 November mendatang.

PKN tahun ini mengangkat tema "Cerlang Nusantara Pandu Masa Depan", khusus mengangkat kekayaan kearifan lokal sandang, pangan dan papan. Para kurator menyusun kerangkanya, dan diterjemahkan dalam berbagai program.

"Tiga subtema tersebut diaplikasikan pada program-program yang berupa Kompetisi, Konferensi dan Lokakarya, Pameran, Pergelaran, dan Pekan Kebudayaan Daerah," jelas Hilmar Farid.

Lebih jauh Hilmar Farid menyampaikan PKN tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

"PKN tahun ini dilaksanakan secara virtual, kegiatan pra-PKN sudah dilaksanakan dari bulan Juli hingga saat ini masih berlangsung. Berbagai kegiatan dari daerah sudah dipersiapkan, dan masyarakat bisa menyaksikan di halaman media sosial dan website pekan kebudayaan nasional," Hilmar Farid.

Harapannya, PKN yang fokus terhadap kearifan lokal sebagai ketahanan budaya bisa menjadikan tayangan edukatif tentang kecerlangan budaya Nusantara, sekaligus menjadi referensi bagi generasi bangsa, tentang kehebatan keragaman budaya Nusantara.

Baca juga: Pekan Kebudayaan Nasional 2021 Angkat Kekayaan Sandang, Pangan, Papan Nusantara

"Karena di Indonesia saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, maka seluruh produksi sepenuhnya dilakukan secara daring, tanpa mengubah substansi konten dari konsep kuratorial," lanjut Hilmar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.