Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Artis dan Musisi Akan Ramaikan Pekan Kebudayaan Nasional 2021

Kompas.com - 29/10/2021, 21:03 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Selain budayawan, aktor film, sutradara, dan seniman, dalam Pekan Kebudayaan Nasional atau PKN 2021, sederetan musisi band, penyanyi ternama akan tampil dalam kegiatan akbar tahunan tersebut.

Group band Slank, Reza Artamevia, Titi DJ, Godbless, Fourtwnty, Ndah n Rhesa, Kikan, juga akan memberikan kejutan dalam kegiatan PKN 2021 yang dilaksanakan secara daring di masa pandemi saat ini.

Artis-artis papan atas ini berkolaborasi dengan seniman-seniman lokal mengangkat budaya nusantara.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menjelaskan, berbagai kegiatan telah dipersiapkan untuk memeriahkan PKN 2021, yang dimulai 19 November mendatang.

PKN tahun ini mengangkat tema "Cerlang Nusantara Pandu Masa Depan", khusus mengangkat kekayaan kearifan lokal sandang, pangan dan papan. Para kurator menyusun kerangkanya, dan diterjemahkan dalam berbagai program.

"Tiga subtema tersebut diaplikasikan pada program-program yang berupa Kompetisi, Konferensi dan Lokakarya, Pameran, Pergelaran, dan Pekan Kebudayaan Daerah," jelas Hilmar Farid.

Lebih jauh Hilmar Farid menyampaikan PKN tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

"PKN tahun ini dilaksanakan secara virtual, kegiatan pra-PKN sudah dilaksanakan dari bulan Juli hingga saat ini masih berlangsung. Berbagai kegiatan dari daerah sudah dipersiapkan, dan masyarakat bisa menyaksikan di halaman media sosial dan website pekan kebudayaan nasional," Hilmar Farid.

Harapannya, PKN yang fokus terhadap kearifan lokal sebagai ketahanan budaya bisa menjadikan tayangan edukatif tentang kecerlangan budaya Nusantara, sekaligus menjadi referensi bagi generasi bangsa, tentang kehebatan keragaman budaya Nusantara.

Baca juga: Pekan Kebudayaan Nasional 2021 Angkat Kekayaan Sandang, Pangan, Papan Nusantara

"Karena di Indonesia saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, maka seluruh produksi sepenuhnya dilakukan secara daring, tanpa mengubah substansi konten dari konsep kuratorial," lanjut Hilmar.

Dalam kegiatan PKN tahun ini telah ditunjuk beberapa dewan kurator dalam PKN 2021, yakni Samuel Wattimena untuk sektor sandang, Helianti Hilman di sektor pangan, dan Gregorius Antar Awal di sektor papan.

Salain itu PKN melibatkan insan-insan kreatif dalam tayangannya, antara lain Riri Reza, Pritagita, Hanung Bramantyo, Jay Subyakto, lasja Susatyo, Ismael Basbeth, Eugene Panji, Robby ertanto, Buyungreza, Adrianto Sinaga, Leon Lolang, Richard Buntario, Raymond Ahari.

"Pastinya kegiatan tersebut dikemas dengan cara kekinian. Tradisional bertemu teknologi, potensi budaya dikemas apik sebagai bagian dari pergelaran Pekan Kebudayaan Nasional," ujar Hilmar.

PKN 2021 akan digelar pada 19-26 November 2021 secara daring di website www.PKN.id

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com