Kompas.com - 29/10/2021, 16:14 WIB
Ilustrasi bekerja di kantor Doc. ShutterstockIlustrasi bekerja di kantor

KOMPAS.com - Setelah lulus kuliah, mahasiswa diharapkan mampu berkarya sekaligus berkontribusi secara nyata kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Direktur Pengembangan Karier, Kewirausahaan dan Inkubasi Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (Unair) dalam Webinar Airlangga Career Club, Kamis (28/20/2021).

Menurutnya, jika mahasiswa ingin raih kesuksesan setelah lulus, ada tiga hal yang harus dimiliki.

"Pertama kompetensi dan kemampuan leadership, kedua networking dan yang jangan kalian lupakan adalah setiap apa yang kalian lakukan harus memiliki dampak terhadap lingkungan sekitar kalian,” tuturnya seperti dirangkum dari laman Unair News.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

Di kesempatan yang sama, Grants Management Specialist Wahana Visi Indonesia, Franky Febryanto Banfatin memaparkan terkait peluang berkarier di Non-Government Organization (NGO).

Wahana Visi Indonesia yang merupakan NGO internasional yang berfokus melayani dan berkolaborasi dalam pemberdayaan anak, keluarga dan masyarakat rentan.

Ia menjelaskan bahwa bekerja dalam NGO seseorang tidak hanya melakukan kegiatan filantropis seperti yang dibayangkan kebanyakan orang.

Dalam NGO, seseorang juga bisa berdiplomasi dengan banyak orang atau bahkan negara untuk mengumpulkan pendanaan.

“Dan ini yang saya sukai, selain kita bisa berkontribusi menjadi katalisator dalam mewujudkan kemajuan masyarakat, kita juga bisa melakukan hal-hal yang di sana bisa membuat kita memiliki banyak kompetensi baru, relasi baru dan wawasan-wawasan baru,” ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU Tahap II 2021

Dirinya juga menjelaskan tentang peluang bekerja di NGO. Ia memaparkan ada banyak sekali manfaat dan peluang karier dalam NGO mulai dari social worker, perancang program (programmer) bagi yang suka berinovasi membuat program sosial, digital influencer, director, social marketing dan juga researcher.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.